Apresiasi Program Beasiswa BI, Rai Wirajaya Dorong Unwar Cetak SDM Keuangan Moneter yang Mumpuni

Metro Bali
single-image

Foto: Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya (nomor 2 dari kanan) bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho menyerahkan program beasiswa BI Bali kepada Universitas Warmadewa, Rabu (5/8/2020).

Denpasar (Metrobali.com)-

Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya mengungkapkan saat ini Indonesia  sedang kekurangan SDM keuangan moneter yang mumpuni. Karenanya perguruan tinggi khususnya yang ada di Bali diharapkan dapat berkontribusi mengatasi hal tersebut.

Hal itu disampaikan Rai Wirajaya saat ikut hadir menyerahkan program beasiswa dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali kepada Universitas Warmadewa (Unwar), Rabu (5/8/2020) di kampus setempat.

Penyerahan secara simbolis dilakukan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho didampingi Rai Wirajaya kepada Rektor Universitas Warmadewa, Prof. dr. Dewa Putu Widjana didampingi Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali, A.A. Gede Oka Wisnumurti.

“Kami harapkan muncul kualitas bukan hanya kuantitas khususnya SDM di bidang ekonomi. Apalagi kita sedang kekurangan SDM keuangan moneter. Semoga lulusan Unwar dan perguruan tinggi di Bali bisa menangkap peluang tersebut dan lebih banyak lagi SDM Bali yang diterima bekerja di Bank Indonesia,” harap Rai Wirajaya.

Rai Wirajaya mengungkapkan, program beasiswa dari Bank Indonesia syaratnya cukup ketat. Selain dalam satu kabupaten/kota beasiswa tidak boleh disalurkan lebih dari satu perguruan tinggi, syarat lainnya adalah perguruan tinggi bersangkutan harus terakreditasi A dan beasiswa hanya diserahkan kepada perguruan tinggi negeri.

Karena syarat itulah, lanjut Rai Wirajaya yang juga Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Dapil Bali ini, pihaknya di Komisi XI kemudian telah mengubah Surat Edaran (SE) Bank Indonesia.

“Dalam merubah SE tersebut, anggarannya juga kami tambah, dan penerima beasiswa Bank Indonesia kini bisa menyasar oerguruan tinggi swasta,” kata politisi PDI Perjuangan asal Peguyangan Denpasar ini.

Baca Juga :
Warga Keluhkan Kerusakan Jembatan Sepang Dan Berharap Perbaikan Total

Ia juga mengatakan setelah perubahan SE tersebut, program beasiswa Bank Indonesia Provinsi Bali pertama kali diserahkan kepada Undiknas University.

“Karena akreditasi Unwar sudah naik maka sekarang beasiswa BI kita alihkan ke Warmadewa. Apalagi disini sudah ada BI Corner. Saya berharap hubungan Bank Indonesia sebagai bank sentral dengan masyarakat semakin erat dan lebih dikenal lagi,” jelasnya.

Dengan program beasiswa Bank Indonesia, Rai Wirajaya berharap sumber daya manusia Indonesia lewat pendidikan akan semakin meningkat kualitasnya dan memiliki daya saing global.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho mengatakan, sumber daya manusia yang terdidik, berilmu pengetahuan dan berkualitas akan menjadi aset strategis dalam pembangunan bangsa dan negara di masa depan.

Generasi muda dapat mengantarkan menuju masa depan bangsa yang sejahtera. Kualitas sumber daya manusia generasi muda dapat menjadi faktor penentu bagi peradaban, kemajuan, perkembangan suatu bangsa.

Indonesia sebagai sebuah bangsa yang besar saat ini memiliki kondisi demografi terbaik sejak Indonesia merdeka berupa proporsi usia produktif dalam rentang periode 2010 hingga 2035.

Hal tersebut menjadi bonus demografis apabila pendidikan dapat diselenggarakan dengan baik. Sebaliknya, dapat menjadi bencana demografis jika pendidikan di dunia ini gagal memasuki tuntutan zaman.

Trisno juga mengungkapkan, kondisi tersebut membawa perhatian akan keberhasilan penyiapan sumber daya manusia melalui pendidikan yang berkualitas agar menjadi kekuatan bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

Menyikapi  fenomena tersebut, Bank Indonesia melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupaya berperan aktif dalam peningkatan kualitas masa depan sumber daya manusia Indonesia, dengan program pemberian beasiswa bagi mahasiswa.

Di Provinsi Bali sampai dengan saat ini, penerima beasiswa beasiswa Bank Indonesia diberikan kepada 175 orang mahasiswa/mahasiswi jenjang sarjana (S1) reguler di dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mitra kerjasama yaitu Universitas Udayana dan Universitas Pendidikan Ganesha serta satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yaitu Universitas Pendidikan Nasional.

Baca Juga :
Bupati Serahkan Pagu Anggaran kepada Desa Tahun 2020, Per Desa Terima Kisaran Rp. 10,2 M hingga 18,7 M

Pada tahun 2020 ini, Bank Indonesia Provinsi Bali juga melakukan perluasan penyaluran beasiswa kepada PTS yaitu Universitas Warmadewa. Berdasarkan hasil asesmen yang telah dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2020, Universitas Warmadewa telah disetujui oleh Kantor Pusat Bank Indonesia sebagai PTS penerima Program Beasiswa Bank Indonesia. (dan)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.