Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Apresiasi Gubernur Cup Digelar Kembali, Wabup Kembang Usulkan Festival Mekepung

Metro Bali
single-image
Wakil Gubernur Bali Tjok Ace berbisik ke Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan
Digelarnya kembali Mekepung Gubernur Cup setelah sempat vakum 10 tahun mendapat sambutan positif dari masyarakat Jembrana. Apresiasi juga disampaikan Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan atas terselenggaranya kembali event mekepung memperebutkan piala Gubernur Bali. Hal itu disampaikan Kembang disirkuit Samblong Sangkaragung, Minggu (14/7).
Menurut Wabup Kembang, wujud perhatian Gubernur Bali itu mampu menambah semangat serta gairah sekehe mekepung dalam pelestarian seni budaya asli Jembrana.
Namun kedepan Ia berharap pelaksanaan Gubernur Cup bisa dikemas lebih baik lagi dengan konsep festival Mekepung.
Festival dimaksud Kembang dengan memodifikasi kemasan event tanpa merubah tradisi serta orisinalitasnya.
“Saya ingin kedepan ada festival Mekepung selama tiga hari, jadi ada rangkaiannya. Hari pertama ada festival kuliner, kerajinan serta clothing. Disana disajikan berbagai kuliner lokal Jembrana juga berbagai olahan daging kerbau sebagai nilai tambah. Selanjutnya hari kedua ada mekepung lampit mempergunakan sawah basah disekitar sirkuit. Puncaknya barulah ditutup mekepung darat,” papar Wabup Kembang.
Kemasan festival itu disebut Wabup Kembang sebagai nilai tambah guna mendukung tradisi mekepung sebagai daya tarik wisata. Bukan membenturkan namun mensinergikan dengan berbagai kegiatan. Sehingga ada nilai jual serta tidak monoton dalam penyelenggaraannya mengingat konsep hampir sama sudah ada Mekepung Bupati Cup.
 “Ini juga bagian pengembangan daya tarik pariwisata, mengingat mekepung dengan kekhususannya hanya ada di Jembrana. Tentunya nanti setelah ini (gubernur cup) ada evaluasi serta catatan yang akan dibahas dalam forum diskusi untuk merealisasikan ide tersebut,” sebut Wabup Kembang.
Dengan cara cara demikian Ia meyakini pelestarian Mekepung makin mudah, makin diminati karena untuk pertamakalinya budaya asli itu bisa dijaga kelestariannya.
Untuk pertamakalinya Mekepung Gubernur Cup diselenggarakan dan juga untuk pertamakalinya sirkuit Samblong di Kelurahan Sangkaragung dipergunakan beberapa kejutan terjadi.
Blok Timur sebagai tuan rumah kalah dari Blok Barat dimana Juara Umum 1 (kelompok A) diraih regu Ijogading Barat, Juara Umum 2 (kelompok B) diraih regu Ijogading Timur serta Juara Umum 3 (kelompok C) diraih regu Ijogading Timur. (Humas Jembrana)
Bagikan :
Baca Juga :
Pemkab Jembrana "Kecolongan" Tambak Di Sangiang

Leave a Comment

Your email address will not be published.