Keterangan Foto: Wisatawan yang tengah berlibur di Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar. 
Gianyar (Metrobali.com)-
Pada tahun 2020, Desa Taro Kecamatan Tegalalang Kabupaten Gianyar terpilih menjadi tuan rumah jambore nasional porkdarwis. Hal ini dilihat dari ditinjaunya Desa Taro oleh Deklarator Pokdarwis terkait kelayakan sebagai Desa penyelenggara.
Jambore nasional porkdarwis tahun 2020 diikuti oleh kurang lebih 200 pokdarwis dari seluruh Indonesia, hal ini tentunya menjadi kebanggaan masyarakat Bali karena terpilih menjadi tuan rumah.
“Kegiatan akan dihadiri sedikitnya 200 Pokdarwis seluruh Indonesia, karena Bali menjadi tuan rumah, peserta bisa melebihi jumlah itu,” ujar Ketua Pokdarwis Desa Taro Wayan Wardika, Kamis (5/12/2019).
Namun sayangnya masih terdapat beberapa fasilitas penunjang yang kurang dimiliki oleh Desa Taro terkait penyelenggaraan acara berskala nasional ini, “Beberapa fasilitas yang belum kami miliki seperti toilet berstandar internasional, areal tempat parkir yang memadai, penunjuk arah antar banjar dan obyek wisata serta fasilitas lainnya,” ucapnya.
Atas kekuranga tersebut, Wardika berharap agar Pemerintah Kabupaten Gianyar dapat membantu dalam menyukseskan persiapan penyelenggaraan acara tersebut.
“Kami belum pernah menyelenggarakan event sebesar ini, kami mohon Pemkab Gianyar membantu kami,” ungkapnya.
Dijadikannya Desa Taro ini sebagai penyelenggara event karena berhasil sebagai juara IV Nasional Desa Wisata Nasional beberapa waktu lalu. Pihak panitia pusat juga berharap Desa Taro bias menjadi penyelengara dan diharapkan Pokdarwis yang hadir nanti, bias sama-sama sharing ilmu berkait pengembangan pariwisata.
Desa Wisata Taro (Dewita, red) kedepannya juga akan mengembangkan kegiatan unggulan seperti menetapkan beberapa kegiatan unggulan sebagai Signature Experience selama ada di Desa Wisata Taro. Diantaranya adalah penataan Cycling dan Trekking, Konservasi Alas Taro, Konektivitas antar Objek, Menyusun Calender of Events, menata rumah-rumah penduduk untuk distandarisasi menjadi Home Stay.
Pewarta : Catur
Editor : Whraspati Radha