banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Menko PMK: Kita Perkuat Roadmap SDM yang Sudah Ada

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani

Jakarta (Metrobali.com)-

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani akan berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution untuk mengembangkan roadmap pembangunan SDM. Menko PMK menegaskan bahwa saat ini program pembangunan SDM akan diperkuat. Hal ini disampaikan Menko PMK saat menjawab pertanyaan jurnalis di Kompleks Istana Kepresidenan usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna (SKP), Senin (12/2).
“Penambahannya itu, ya kita harus lihat roadmap secara keseluruhannya dulu”, ujar Menko PMK, Puan Maharani.
Menko PMK menilai pengembangan roadmap SDM tidak hanya bisa dibuat dalam jangka pendek atau secara parsial, tapi sampai beberapa puluh tahun.
Dicontohkan, Menko PMK, terkait rencana pembangunan vokasi yang terintegrasi dan tersinergi dengan Kementerian Perindustrian perlu diperkuat, terkait kebutuhan infrastruktur, berapa banyak SDM yang  diperlukan, berapa banyak yang perlu difokuskan bidangnya, dan lain sebagainya.
Berkaitan dengan anggaran LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan), Menko PMK menilai anggaran tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk mengirim mahasiswa S2 dan S3, tetapi juga bisa digunakan untuk afirmasi tenaga dosen, profesor, dan lainnya agar bisa sekolah ke luar demikian juga sebaliknya.
“Tentu saja harus ada koordinasi antar 2 Menko, saya dengan Pak Menko Perekonomian. Untuk bisa kemudian mempertajam roadmap SDM ini. Ke depannya itu bukan hanya jangka pendek tetapi juga bisa jangka menengah dan jangka panjang sesuai dengan kebutuhan yang ada”, tegas Menko PMK.
Terkait hal ini, Menko PMK sedang berkoordinasi dengan Menko Perekonomian, Darmin Nasution.
Sebelumnya, dalam pengantar SKP (Sidang Kabinet Paripurna),  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kementerian untuk membuat roadmap pembangunan sumber daya manusia (SDM) 2019.
“Saya ingatkan bahwa tahun 2019 adalah tahun politik dan saya minta agar setelah melakukan percepatan pembangunan infrastruktur untuk peningkatan daya saing ekonomi kita, maka mulai 2019 kita harus fokus pada pembangunan SDM, pembangunan sumber daya manusia”, tegas Presiden Jokowi.
Terkait pembangunan sumber daya manusia, Presiden meminta Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Perindustrian, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi, Menteri BUMN, dan Kementerian yang lain, mulai merancang apa yang akan dikerjakan dalam kerja besar pembangunan sumber daya manusia. RED-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *