banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Restoking dan produksi merupakan faktor terpenting dalam program GEMARIKAN

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta  dalam menghadiri kegiatan penyebaran benih ikan di Lingkungan Sangkanbuana didampingi Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Klungkung, Ny. Ayu Suwirta bertempat di Pura Taman Rsi Desa Sangkanbuana pada hari Minggu (11/2) .

 

Klungkung (Metrobali.com)-

 

Restoking atau penyediaan bibit dan produksi merupakan factor terpenting dalam memasyarakatkan gemar makan ikan, hal ini disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta  dalam menghadiri kegiatan penyebaran benih ikan di Lingkungan Sangkanbuana didampingi Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Klungkung, Ny. Ayu Suwirta bertempat di Pura Taman Rsi Desa Sangkanbuana pada hari Minggu (11/2) .

Bupati Suwirta meminta Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Klungkung untuk mempersiapkan bibit ikan dalam rangka mensukseskan aksi gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) dan untuk mulai membangun tempat-tempat pembibitan ikan. Lebih lanjut bupati Suwita menyatakan untuk mensukseskan program Gemarikan tersebut perlu adanya kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Klungkung dengan masyarakat  mulai dari proses pembenihan sampai ke tahap mengkonsumsi ikan. Bibit ikan yang ditebar berjumlah 1000 ekor. Dengan ikan berjenis nila.

Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Klungkung I Wayan Durma melaporkan Restocking ikan dilakukan untuk menunjang program Gemarikan yang ada di pemerintahan Pusat, Provinsi maupun Kabupaten. metode ini  merupakan salah satu upaya penambahan stock ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum, pada perairan yang dianggap telah mengalami penurunan stock akibat  tingkat pemanfaatan yang berlebihan. Tujuan restocking selain menambah stock ikan agar dapat dipanen sebagai ikan konsumsi, serta mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang. hal ini dilatarbelakangi adanya permintaan dari pasar di bidang perikanan, baik untuk budidaya maupun perikanan tangkap yang sangat menjanjikan kedepannya. Kadis Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Klungkung menyampaikan bahwa Kabupaten Klungkung terkait budidaya ikan memiliki pasaran yang cukup tinggi. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Klungkung menjelaskan apabila masyarakat mengkonsumsi ikan, dijamin tidak ada efek samping, justru hal tersebut dapat menambah kecerdasan bagi masyarakat terutama generasi muda.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Klungkung, Ny. Ayu Suwirta melaksanakan proses penebaran bibit ikan nila secara simbolis. PR-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *