banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Pecalang se-Kecamatan Nusa Penida diberikan Sosialisasi P4GN

 Sosialisasi terkait Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peradaran gelap narkoba (P4GN) di Ruang Rapat Kantor Camat Nusa Penida, jumat (9/2/2018).

Klungkung (Metrobali.com)-

Setelah dilantik beberapa waktu lalu, seluruh pecalang relawan anti narkoba se-Kecamatan Nusa Penida diberikan bekal dan sosialisasi terkait Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peradaran gelap narkoba (P4GN) di Desa Pekraman. Dalam kegiatan tersebut langsung dihadiri Wakil Bupati Klungkung yang sekaligus sebagai Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNNK) Klungkung I Made Kasta, BNN Provinsi Bali yang diwakili Kabid Pencegahan dan Pemberdayan Masyarakat I Ketut Suandika, Kasat Narkoba Polres Klungkung I Gusti Ngurah Yudistira, serta intansi terkait lainnya. Pembekalan bertempat di Ruang Rapat Kantor Camat Nusa Penida, jumat (9/2/2018).

Wakil Bupati Klungkung yang sekaligus sebagai Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNNK) Klungkung I Made Kasta menyampaikan, pecalang merupakan penjaga keamanan di Desa Pekraman. Dijaman yang sudah semakin maju, akan banyak sekali ancaman yang mungkin datang ke Desa Pekraman dan pecalang harus wajib melindungi dan menjaga desa dari ancaman tersebut. Salah satu ancaman yang mampu menghancurkan generasi muda adalah Narkoba dan obat-obat terlarang lainnya. Oleh karena itu, sosialisasi itu digelar agar pecalang mempunyai bekal dan bisa mangambil tindakan dalam Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peradaran gelap narkoba. “meskipun berat tugas pecalang, namun harus tetap dilakukan dengan tukus ikhlas karena itu merupakan yadnya,” ungkap Wabup Kasta

Dalam pembekalan pecalang diberikan 5 materi dari lembaga yang berbeda diantaranya, dari BNN Provinsi diberikan materi tentang mengenal narkoba dan peran pecalang dalam pencegahan narkoba. Dari Kodim 1610 Klungkung dipaparkan bahaya narkoba sebagai ancaman bagi NKRI, Kasat Narkoba Polres Klungkung memberikan pesan kepada pecalang apabila mengetahui adanya  pengedar narkoba  di wilayah Nusa Penida bisa diinformasikan kepada Sat narkoba Res Klungkung. Sedangkan dari Kejari cabang Nusa Penida memaparkan kasus narkoba ditinjau dari kasus hokum dan yang terakhir adalah dari dinas Kesehatan UPT Nusa Penida lebih menjelaskan tentang jenis-jenis narkoba dan dampak dari narkoba itu sendiri.

Selesai sosialisi dan pembekalan dilanjutkan dengan kegiatan pemeriksaan atau tes urine kepada seluruh pecalang. PR-MB 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *