banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Jumlah SHU bukan Tujuan Koperasi, Tapi Lebih pada Kesejahteraan Anggota

Bupati Suwirta

Klungkung (Metrobali.com)-

RAT atau singkatan dari Rapat Anggota Tahunan merupakan agenda wajib setiap badan usaha koperasi, karena di dalamnya akan dibahas tentang pertanggungjawaban pengurus koperasi selama satu tahun kepada anggota koperasi yang bersangkutan.

“Tujuan Koperasi bukan kepada Jumlah SHU yang tinggi tetapi lebih kepada mensejahterakan Anggotanya”, ujar Bupati Suwirta dalam sambutannya ketika menghadiri Kegiatan RAT Koperasi Serba Usaha (KSU) Remaja Pikat Tutup Buku Tahun 2017 dan sekaligus peringatan 50 tahun berdirinya KSU Remaja Pikat bertempat di Wantilan Kerta Praja Banjar Intaran Buug, Desa Pekraman Pikat Kecamatan Dawan pada Sabtu (10/2).

Dalam laporan Pengurus yang dibacakan oleh Muki Arta selaku anggota KSU Remaja Pikat melaporkan Bidang Usaha pertokoan/warseda jumlah penjualan barang dan pendapatan jasa adalah Rp 52.039.500,- dan harga pokok penjualan Rp 50.522.670,- dengan laba kotor  Rp 8.786.830,- beban atau biaya operasional Rp. 5.975.000,-. SHU bersih per 31 Desember 2017 Rp 87.025.145,- dan total SHU yang diperoleh tutup Buku tahun 2017 Rp 89.836.975, naik dari tahun 2016, sebanyak 3,02% yakni Rp 2.628.031,-.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menekankan, terkait laporan pengurus mengenai capaian di Koperasi Remaja Pikat yakni mengenai likuiditas/uang segar yang berada di bank hampir mencapai 40%, hal ini membuktikan bahwa masyarakat di Desa Pikat sudah mulai sadar dengan lebih banyak menabung dibandingkan meminjam uang, yang dapat diartikan bahwa masyarakat di Desa Pikat sudah semakin sejahtera. Bupati Suwirta meminta kepada Pengurus, Pengawas dan Pegawai Koperasi Remaja Pikat untuk berinovasi, misalnya dengan cara membentuk pelatihan anggota Koperasi dengan mengolah sumber daya alam yang ada di Desa Pikat, dengan tujuan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bupati Suwirta berharap Koperasi selain berfungsi sebagai pemerataan income perkapita, juga dapat berfungsi sebagai penekan inflasi di daerah masing-masing, juga dengan keberadaan Koperasi, bisa memberikan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi di Desa.

Pada Akhir Kegiatan, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berkesempatan melaksanakan pengundian hadiah utama Dari Kegiatan RAT KSU Remaja Pikat, yakni berupa sebuah Sepeda Motor, yang diserahkan secara simbolis kepada Men Sregeg dari banjar Cempaka Desa Pekraman Pikat. Turut hadir pada acara Tersebut Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Klungkung Wayan Ardiasa, Ketua Dekopinda Klungkung Ngakan Made Nata, Camat Dawan Anak Agung Gede Putra Wedana beserta undangan terkait lainnya. COK-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *