banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Lomba Desa Terpadu di Tabanan. Desa Antapan Dinilai Kabupaten

Penilaian lomba desa terpadu dilaksanakan oleh tim penilai yang diketuai oleh Nyonya Wirna Ariwangsa di Desa Antapan, Kecamatan Baturiti,  Kabupaten Tabanan dinilai dalam Lomba Desa Terpadu tingkat Kabupaten Tabanan, Jumat (9/2) di SD 1 Antapan, Baturiti.

 
Tabanan (Metrobali.com)-
Desa Antapan, Kecamatan Baturiti,  Kabupaten Tabanan dinilai dalam Lomba Desa Terpadu tingkat Kabupaten Tabanan, Jumat (9/2) di SD 1 Antapan, Baturiti.  Penilaian lomba desa terpadu dilaksanakan oleh tim penilai yang diketuai oleh Nyonya Wirna Ariwangsa, yang anggotanya dari unsur OPD  terkait. Turut hadir Camat Baturiti I Ketut Ridia serta Forum koordinasi  Kecamatan.
Kepala BPMD Tabanan, Roemi Liestyowati, menyampaikan tujuan lomba ini adalah untuk mendorong peningkatan partisipasi dan gotong royong masyarakat dalam mewujudkan desa yang mandiri, dengan landasan peraturan menteri dan perundang-undangan.
“Landasan lomba ini antara lain Permendagri no 12 tahun 2007 tentang pedoman penyusunan dan pendayagunaan data profil desa dan kelurahan, UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, UU No,23 dan Permendagri No.81  tahun 2015,” jelasnya.
Disamping lomba desa penilaian saat ini juga dipadukan dengan lomba pelaksana terbaik KKG PKK, BBGRM dan BKP mengarah pada program pokok PKK yang meliputi 9 jenis lomba.
“Lomba tersebut antara lain, lomba pelaksana terbaik kesatuan gerak PKK-KB Kesehatan, PHBS di rumah tangga, lingkungan bersih dan sehat, posyandu, tertib administrasi PKK, UP2K-PKK, Iva Test dan lomba lainnya,” ungkapnya.
Kegiatan ini setiap tahunnya menjadi semakin bermakna dan berakses langsung terhadap pencapaian kesejahteraan setiap keluarga.Hal ini penting, karena setiap keluarga merupakan tumpuan utama bergulirnya roda pembangunan, tidak terkecuali pembangunan di Kabupaten Tabanan.
“Saya ucapkan selamat berlomba kepada peserta dan selamat datang kepada tim penilai. Ingatlah juara bukan tujuan utama tetapi yang terpenting adalah sebagai akreditasi terhadap kelayakan dan kepatuhan setiap desa dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat sehingga mempercepat terwujudnya Tabanan serasi,” imbuhnya.
Sementara itu Perbekel Desa Antapan Nyoman Sunarta, melaporkan Desa antapan memiliki luas wilayah 10.43 KM2 , dengan batas-batas sebelah utara Desa Candikuning, Sebelah Timur Desa Sulangai, Sebelah Selatan Desa Mekarsar dan Sebelah barat Desa Batunya.
“Desa Antapan memiliki jumlah penduduk 3.158 orang dengan rincian 1.630 laki-laki, perempuan sebanyak 1.528 orang perempuan dan total 966 kepala keluarga,” ujarnya.
Pihaknya dari pemerintah Desa telah melaksanakan pembinaan administrasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dari masing-masing pengurus Desa maupun  terhadap pokja I,II,III, dan IV termasuk Dasa Wisma.
Penilaian lomba desa terpadu yang dilaksanakan oleh tim penilai lomba, lomba PKK dan Lomba BKP tingkat Kabupaten Tabanan yang anggotanya dari unsur OPD terkait, unsur tim penggerak PKK Kabupaten dan Tim BKP akan diawali pada jumat ini dan berakhir pada hari Selasa tanggal 27 Februari mendatang.
Sasaran penilaian perlombaan desa, lomba PKK dan Lomba BKB adalah data tingkat perkembangan desa dari 10 Desa peserta lomba yang dilihat dari profil desa laporan PKK dan laporan BKB dengan membandingkan data dua tahun terakhir sesuai dengan indicator dan pedoman penilaian yang telah ditetapkan. PR-MB 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *