banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Pansus I Dan Gabungan Komisi DPRD Buleleng, Sepakat Penyempurnaan Ranperda RPJMD

Panitia khusus (Pansus) I DPRD Buleleng menggelar rapat dengan gabungan komisi diruang gabungan komisi DPRD Kabupaten Buleleng yang dipimpin Wakil Ketua I DPRD Buleleng Ketut Susila Umbara, SH, Senin (5/2)/MB

Buleleng, (Metrobali.com) –

Menindak lanjuti pembahasan Ranperda RPJMD Kabupaten Buleleng Tahun 2017-2022, panitia khusus (Pansus) I DPRD Buleleng menggelar rapat dengan gabungan komisi diruang gabungan komisi DPRD Kabupaten Buleleng yang dipimpin Wakil Ketua I DPRD Buleleng Ketut Susila Umbara, SH, Senin (5/2).
Ketua Pansus I DPRD Buleleng Putu Tirta Adnyana setelah menerima usulan dan saran dari masing-masing komisi, baik Komisi I, II, III, dan Komisi IV mengatakan pada tingkat Pansus yang terpenting, bagaimana menyikapi visi dan misi bupati. Artinya visi dan misinya itu, apakah dapat diterima atau tidak oleh DPRD,”Kalau sudah diterima, maka tinggal penjabaran pada program dan kegiatan SKPD, baik pada Renstra maupun Renja SKPD” ujarnya.
Menurut anggota dewan yang dikenal kritis terhadap kebijakan eksekutif ini, salah satu fungsi DPRD adalah memberikan control kepada eksekutif, apakah implementasi atau aktualisasi program-programnya sudah konsisten dengan RPJMD,”Kami didewan selalu melakukan control terhadapo program eksekutif, agar bisa dilaksanakan dengan baik dan benar” terang Tirta Adnyana dari fraksi Golkar ini.
Terkait dengan pertanyaan yang di sampaikan anggota Komisi I, Dewa Putu Cakra menyangkut rasio guru, dengan tegas ia mengatakan sesuai dengan keterangan Kepoala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Kadisdikpora) Buleleng Gede Suyasa, bahwa penentuan rasio guru sulit dilakukan. Alasannya, bukan merupakan kewenangan kabupaten.”Kendatipun demikian, kami di Pansus I, akan tetap mengusulkan agar dicantumkan pada RPJMD” ucap Tirta Adnyana.
Lebih lanjut Tirta Adnyanapun mengatakan melalui  hasil pertemuan dalam rapat gabungan komisi ini, dapat disimpulkan bahwa indicator program ( outcome ) pada RPJMD agar dirancang lebih realistis, sehingga dapat diimplementasikan secara konsisten,”Jadi gabungan komisi DPRD Buleleng setelah rapat dengan Pansus I, menyatakan sependapat agar dipastikan bahwa saran dan masukan ditindak lanjuti dengan penyempurnaan dalam Ranperda RPJMD oleh eksekutif sebelum Ranperda tersebut mendapat persetujuan DPRD” tandasnya. GS-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *