banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Meriahkan HKG PKK ke-46,  PKK Tabanan Gelar Berbagai Lomba

 
Tabanan  (Metrobali.com)-
 
Dalam rangka memeriahkan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-46 tahun 2018, PKK Tabanan mengadakan berbagai kegiatan lomba. Lomba tersebut antara lain lomba penyuluhan di bidang Pokja I, II, III dan IV, Demonstrasi Lomba Gembira dan demonstrasi yel yel dengan tema 10 program pokok PKK. Lomba dibuka secara resmi oleh Asisten I Tabanan I Wayan Yatnanadi. Hadir Ketua Tim Penggerak PKK Tabanan Nyonya Rai Wahyuni Sanjaya didampingi Nyonya Putriningsih Wirna.
Nyonya Rai Wahyuni Sanjaya mengungkapkan tujuan dari lomba adalah untuk meningkatkan cakupan dan pelayanan program KB kesehatan melalu pemberdayaan masyarakat dan kerja sama lintas sektor dalam kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan. Adapun dasar dilaksanakannya kegiatan ini sesuai dengan pedoman pelaksanaan kesatuan PKK ke-46.
“Dasar pelaksanaan kegiatan ini antara lain Keputusan Mendagri nomor 411.4-3514 tahun 2016 tentang pengesahan hasil keputusan Rakernas VIII PKK tahun 2015, Permendagri RI No.1 Tahun 2013 tentang pemberdayaan masyarakat dan hasil rapat persiapan Hari Kesatuan Gerak PKK pada tanggal 18 Januari 2018,” ungkapnya.
Dijelaskannya lomba-lomba tersebut antara lain lomba penyuluhan bidang Pokja I, pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang dalam keluarga. Lomba penyuluhan bidang Pokja II; pemberdayaan ekonomi keluarga melalui UP2K-PKK. Lomba bidang Pokja III; pemanfaatan lahan melalui program hatinya PKK. Lomba bidang Pokja IV; deteksi dini kanker serviks melalui IVA test dan lomba lainnya.
“Adapun demonstrasi lomba gembira, merias wajah dengan mata tertutup dan demonstrasi yel yel tema 10 program pokok PKK,” jelasnya.
Lomba yang bertemakan ‘Melalui Jambore Kader PKK Kita Mantapkan Kerjasama Dalam Melaksanakan 10 Program Pokok PKK Menuju Tabanan Serasi’ tersebut menyasar para anggota PKK tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa, Kader Dasa Wisma dan kader lainnya. Para juara nantinya akan mengikuti lomba di tingkat provinsi Bali pada tanggal 26 Februari 2018.
“Adapun kriteria peserta adalah kader PKK desa. Sementara untuk naskah dibuat 4-5 halaman dalam waktu 7 menit. Penilaian berdasarkan pada;  kesesuaian judul dengan materi atau isi, penguasaan materi, teknik penyampaian, penampilan dan penggunaan alat bantu,” imbuhnya.
Sementara itu Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wayan Yatnanadi memberikan apresiasinya kepada PKK Tabanan atas  kegiatan tersebut dalam mewujudkan Tabanan yang Sejahtera, Aman dan Serasi.
“Saya merasa bangga dengan apa yang dtunjukkan hari ini, menurut saya Hari Kesatuan Gerak PKK setiap tahunnnya menjadi semakin bermakna dan berakses langsung terhadap pencapaian kesejahteraan setiap keluarga sebagaimana menjadi harapan kita bersama. Hal ini penting mengingat keluarga merupakan tumpuan utama bergulirnya roda pembangunan tak terkecuali pembangunan di Tabanan,” ungkapnya.
Pihaknya berharap agar program-program yang dibuat PKK selalu dan terus disinergikan dengan program program Pemkab Tabanan dalam rangka mewujudkan visi dan misi Kabupaten Tabanan yang Serasi. Pihaknya yakin dan percaya PKK Tabanan akan mampu melakukannya.
“Semoga lomba yang diselenggarakan ini betul betul memilik arti dan makna dalam rangka lebih mengaktualisasikan program-program ibu ibu PKK itu sendiri. Demikian sambutan saya, semoga kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini dapat berjalan dengan lancar dan sebagaimana mestinya,” imbuhnya.
Dalam kegiatan lomba tersebut akan dipilih juara I, II dan juara III. Untuk juara I dan Juara II akan mewakili lomba ke tingkat provinsi Bali tanggal 26 Februari mendatang. Sementara untuk hadiah akan diberikan berupa uang dan piagam. PR-MB 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *