banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Rupiah menguat ke Rp13.314

Jakarta (Metrobali.com)-

 

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Rabu pagi, bergerak menguat sebesar 17 poin menjadi Rp13.314 dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp13.331 per dolar Amerika Serikat (AS).

Analis Monex Investindo Futures, Faisyal di Jakarta, Rabu (24/1) mengatakan bahwa dolar AS kembali bergerak lesu seiring investor mempertimbangkan tindakan perdagangan Amerika Serikat yang memberlakukan cukai tinggi terhadap beberapa produk dari Tiongkok dan Korea Selatan.

“Setelah berakhirnya shutdown pemerintah AS, pergerakan dolar AS dibayangi sentimen kebijakan perdagangan AS, sehinggga pelemahan dolar AS berpotensi berlanjut,” katanya.

Ia menambahkan bahwa sikap pemerintahan presiden AS Donald Trump yang protektif dengan mengenakan tarif impor yang tinggi ke produk asal Tiongkok, khususnya mesin cuci dan penal surya dapat menahan pergerakan dolar AS.

Di sisi lain, lanjut dia, penjualan rumah di Amerika Serikat yang pesimis turut memberi pengaruh negatif pada pergerakan dolar AS.

Analis Binaartha Sekuritas reza Priyambada menambahkan bahwa dari dalam negeri, adanya penilaian positif dari Menteri Keuangan terkait kenaikan harga minyak mentah yang dapat membuat neraca perdagangan Indonesia menjadi surplus menjaga fluktuasi rupiah di area positif.

Selain itu, lanjut dia, adanya langkah strategis yang ditetapkan pemerintah dan Bank Indonesia untuk menjaga inflasi agar tetap stabil turut membantu rupiah mengalami apresiasi terhadap doolar AS. Sumber : Antara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *