banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Badung Gelar Operasi Pasar Beras di Petang

Akan Berlanjut ke Seluruh Kecamatan di Badung

Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan bekerjasama dengan Perum. Bulog Provinsi Bali menggelar operasi pasar yang diawali di Banjar Petang Kelod, Kecamatan Petang, Rabu (24/1).

 

 

Mangupura (Metrobali.com)-

Menyikapi melonjaknya harga kebutuhan bahan pokok khususnya beras di pasaran, Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan bekerjasama dengan Perum. Bulog Provinsi Bali menggelar operasi pasar yang diawali di Banjar Petang Kelod, Kecamatan Petang, Rabu (24/1).

Dalam operasi pasar beras ini, Perum Bulog menyediakan beras sebanyak 1 ton dengan harga yang cukup murah yaitu Rp. 9.350 per kg. Operasi pasar mendapat antusias dari masyarakat Petang, sehingga stok beras yang dibawa cepat habis terjual. Menurut Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan I Ketut Karpiana, operasi pasar dilakukan dalam upaya mengantisipasi melonjaknya harga beras di pasaran sehingga diharapkan harga beras berangsur stabil. Selain itu kegiatan ini juga untuk mengendalikan inflasi daerah. “Operasi pasar ini bertujuan untuk menstabilkan harga beras dan mengendalikan inflasi di Badung, ” kata Karpiana.  Dijelaskan, bahwa harga beras medium di pasar saat ini berkisar antara Rp. 11.000 hingga Rp. 12.000 per kg. Untuk itu Pemkab Badung bersama Bulog melakukan langkah operasi pasar dengan memberikan harga beras yang cukup murah. Kegiatan operasi pasar dengan harga eceran terendah cadangan beras murah di Bulog sebesar Rp. 9.450 dan untuk kerjasama dengan Pemkab Badung, Bulog menurunkan harga sebesar Rp. 100/kg sehingga harga yang diberikan kepada masyarakat Rp. 9.350/kg. Pada operasi pasar, masyarakat diberikan membeli beras maksimal 10 kg. “Beras satu bungkus dengan berat 5 kg dengan harga Rp. 46.700 dan dapat di beli dua bungkus (10 kg) dengan harga Rp. 93.500,” tambahnya.

Karpiana menjelaskan, operasi pasar ini akan berlanjut di masing-masing Kecamatan di Badung. Setelah di Petang, operasi pasar akan kembali dilaksanakan di Pasar Mambal, Abiansemal pada Kamis, 25 Januari, Pasar Bulau, Kuta Selatan pada Jumat 26 Januari, GOR Bina Raga, Br. Lebak, Desa Dalung pada Sabtu, 27 Januari, Kantor Lurah Kuta pada Senin 29 Januari dan di Pasar Mengwi pada Selasa 30 Januari mendatang. “Operasi pasar dimulai pukul 07.00 wita dengan stok beras untuk masing-masing Kecamatan sebanyak 1 ton, ” tandas Karpiana.  PR-MB 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *