banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

SMAN 5 Denpasar Juara Gema Basketball  VI 2018, Libas Tipis SMASTA di Final

 

 

Kadis Pendidikan Tabanan I Gede Susila (Baju Putih) menyerahkan Piala Bergilir kepada Tim Basket SMAN 5 Denpasar

Tabanan (metrobali.com)

Babak final antara SMAN 5 Denpasar melawan SMAN 1 Tabanan (SMASTA) merupakan putaran terakhir kejuaraan Gema Basketball VI 2018 yang berlangsung di GOR Debes, Gerokgak, Tabanan, Sabtu (20/1/2018), malam. Pertandingan berlangsung cukup menegangkan, pasalnya hingga menit-menit terakhir kedua tim saling kejar-mengejar nilai yang terpaut tipis.

Saat waktu masih tersisa 03.22 menit SMASTA masih unggul tiga point atas SMAN 5 Denpasar (21 :25). Wajar saja masing-masing supoter menjadi riuh memberikan dukungan kepada timnya dengan yel-yel dan gemuruh suara gendrang. Pertandingan pun semakin menegangkan manakala masing-masing tim silih berganti menambah point. Saat waktu masih tersisa 00: 91 kedudukan nilai 25 : 27 untuk keunggulan SMASTA dan berubah lagi menjadi 27 : 28 pada saat waktu tersisa 00:18 detik-SMASTA masih unggul.

Permainan semakin ketat dan menegangkan saat waktu tersisa hanya lima detik (00:05),  kedudukan berbalik menjadi 29:28 untuk keunggulan SMAN 5 Denpasar dan tetap bertahan hingga peluit panjang karena waktu habis (00:00). Kontan saja suporter SMAN 5 Denpasar langsung berteriak isteris dan berlarian ke tengah lapangan meluapkan kegembiraan. Sebaliknya terasa “menyakitkan” bagi suporter SMASTA, disaat waktu hanya tinggal beberapa detik saja tim kesayangannya harus menelan pil pahit, kalah satu point dari tim SMAN 5 Denpasar.

Suasana GOR Debes langsung bergema keras oleh luapan kegembiraan para suporter dan pendukung Tim SMAN 5 Denpasar. Beberapa menit suasana GOR Debes terasa “panas” dan menegangkan. Panitia dan petugas kepolisian dengan sigap menenangkan keadaan agar situasi tenang kembali. Petugas dari Polsek Tabanan sempat mengambil alih microphone dan berkali-kali meminta kepada seluruh suporter dan penonton untuk tenang.

Gema Basketball VI 2018 merupakan kejuaraan bolabasket tingkat pelajar SMP dan SMA putra/putri yang berlangsung maraton sejak tanggal 7Januari 2018 lalu. Seperti dikatakan oleh Ketua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) KabupatenTabanan Ivana Bunga, kejuaraan yang diprakarsai oleh organisasi Generasi Muda (Gema) Tabanan ini sudah menjadi turnamen resmi Perbasi Tabanan, terangnya.

Dari hasil pantauan di lapangan, kejuaraan Gema Basketball VI 2018 berlangsung cukup sukses dilihat dari jumlah kepesertaan tim. Ada 42 tim yang berpartisipasi dari 4 Kabupaten/kota dengan ratusan penonton. Hal itu dibenarkan oleh Sekum KONI Tabanan Made Miasa, menurutnya kejuaraan Gema Basketball VI 2018 cukup sukses. “Kejuaraan bolabasket kali ini benar-benar memberi warna dan penyemangat bagi generasi olahraga Tabanan termasuk KONI, apalagi nanti Tabanan menjadi tuan rumah Porprov 2019. Semua tim mampu menjaga sportivitas, walau pada menit-menit terakhir kedua tim sempat larut dalam ketengangan, justru hal itu menjadi barometer bahwa olahraga Basket masih menjadi idola para pelajar khususnya di Tabanan, terangnya saat dijumpai disela-sela acara penutupan.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Panitia I Gusti Putu Ngurah Bagus Dharma Sutama. Ia mengatakan kejuaraan Gema Basketball and Dance Competition VI 2018 Tabanan berlangsung sukses dan lancar. “Ya, 95 persen sudah sesuai dengan target, pungkasnya.

Kejuaraan Gema Basketball VI 2018 ditutup secara resmi oleh Kadis Pendidikan Tabanan I Gede Susila dilanjutkan dengan penyerahan tropi dan hadiah kepada para juara di masing-masing kelas yaitu: untuk SMP Putri  juara I diraih oleh Tim SMPN 1 Tabanan, Juara II SMPN 10 Denpasar, Juara III SMPN 1 Mengwi. Selanjutnya untuk SMP Putra Juara I diraih oleh SMPN 10 Denpasar, Juara II SMPN 1 Mengwi dan Juara III SMPN 1 Tabanan. Berikutnya untuk tingkat SMA Putri Juara I diraih oleh SMAN 1 Mengwi, Juara II SMKN 1 Gianyar, Juara III SMAN 1 Tabanan dan untuk SMA Putra Juara I diraih oleh SMAN 5 Denpasar, Juara II SMAN 1 Tabanan dan Juara III SMAN 2 Tabanan.

Dalam sambutannya Kadis Pendidikan Tabanan I Gede Susila mengatakan, beryukur seluruh pertandingan bisa dilalui dengan penuh semangat, pertandingan ini adalah moment untuk menjalin persahabat, silahturami dan sportivitas.  Kepada semua peserta baik yang berhasil maupun yang belum berhasil memenangkan pertandingan diharapkan terus belajar dan berlatih meningkatkan prestasi agar bisa tampil meraih prestasi pada ajang olahraga lainnya, ucapnya.

Diakhir acara panitia juga mengumumkan nama-nama juara untuk lomba Dance Competition serta penyerahan piala bergilir Gema Basketball  VI 2018 kepada Juara I di masing-masing kelas. Selanjutnya acara ditutup dengan pelantikan Pengurus Gema (Generasi Muda) Tabanan yang baru. (MN).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *