banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Pol PP Tertibkan Belasan PKL

Pol PP Tertibkan Belasan PKL

Jembrana (Metrobali.com)-

 

Belasan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di pinggir trotoar di Kota Negara ditertibkan Sat Pol PP Jembrana, Selasa (9/1).

Mereka yang berjualan menggunakan rombong ini dinilai melanggar Peraturan Daerah (Perda) nomor 5 tahun 2007 tentang Kebersihan dan Ketertiban Umum.

PKL ini kemudian diangkut ke Kantor Sat Pol PP Jembrana selanjutnya diberikan pembinaan dan surat peringatan pertama.

Kepala Bidang Penegakan Perundang-undangan Daerah Satpol PP Jembrana, I Made Tarma mengatakan selain diberikan surat peringatan pertama, para PKL yang berjualan di pinggir jalan juga diberikan pembinaan.

“Ada 13 pedagang yang kami berikan Surat Peringatan dan pembinaan” ujarnya.

Pemerintah lanjutnya tidak melarang para pedagang untuk berjualan keliling, namun dengan adanya Perda ini ada tempat-tempat yang dilarang termasuk di sepanjang jalan protokol.

“Boleh berjualan asalkan jangan di pinggir jalan protokol dan trotoar” ujar Tarma di depan sejumlah PKL yang diberikan pembinaan, Selasa (9/1).

Surat peringatan pertama ini menurutnya berlaku tujuh hari. Bila kedapatan lagi, maka akan diberikan peringatan kedua dan ketiga.

Menurutnya pihaknya telah melakukan penertiban berulangkali. Namun masih saja ada PKL yang tetap nekat berjualan di pinggir jalan khususnya di Jalan Ngurah Rai.

Pihaknya mengingatkan dalam Perda tersebut ada ketentuan Pidana dimana pada Pasal 36, disebutkan ancaman pidana kurungan enam bulan atau denda sebanyak-banyaknya Rp.5 juta.

“Untuk saat ini karena baru pertama, mereka kami berikan peringatan pertama dan pembinaan. Kalau sampai tiga kali peringatan masih melanggar dibawa ke Kepolisian untuk ditindak” ujarnya. MT-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *