banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Bupati Giri Prasta Serahkan Hibah Rp.1,5 M kepada Br. Denkayu Baleran 

Dukung Karya di Pura Dalem Batan Tanjung

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menandatanganan prasasti karya seusai menyerahkan dana hibah sebesar Rp. 1,5 M kepada krama pengempon Pura Dalem Batan Tanjung, Br. Denkayu Baleran, Mengwi, Jumat (29/12) lalu.

 

 

Mangupura (Metrobali.com)-

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan dana hibah sebesar Rp. 1,5 M kepada krama pengempon Pura Dalem Batan Tanjung, Br. Denkayu Baleran, Mengwi, Jumat (29/12) lalu. Selain menyerahkan hibah, Bupati Giri Prasta juga menandatanganan prasasti karya. Dana hibah ini untuk mendukung rangkaian Karya Mamungkah, Mepadudusan Agung, Madasar Tawur Balik Sumpah di Pura tersebut. Dalam penyerahan hibah, Bupati didampingi Anggota DPRD Badung Wayan Regep dan I Gst Agung Anom Gumanti, Camat Mengwi I Gst Ngr Jaya Saputra beserta Muspika Kec. Mengwi, Perbekel Werdi Buwana Wayan Kardana, Wakil Ketua DPC PDIP Badung I Bagus Alit Sucipta, Bendesa Adat Denkayu Nyoman Sukada dan tokoh masyarakat.

Bupati Giri Prasta mengatakan penyerahan bantuan hibah 1,5 M ini sebagai bentuk komitmen Pemkab Badung dalam menjalankan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berancana (PPNSB), salah satunya berkenaan dengan pemberdayaan dan pelestarian seni, adat, agama dan budaya. Bupati mengakui bahwa kebanyakan waktu masyarakat habis di adat dan yadnya. Untuk itu pemerintah hadir ditengah-tengah masyarakat meringankan beban dari masyarakat. “Dalam tatanan seni, adat, agama dan budaya baik urusan pembangunan fisik, sarana prasarana maupun pengembangan SDM menjadi tanggung jawab pemerintah, ” terangnya. Bupati mencontohkan, dibidang seni, Pemkab Badung akan merealisasikan pembangunan panggung pemuda budaya sebagai tempat para seniman untuk mengakseleralasikan karya seninya dalam upaya bagaimana mempertahankan seni yang ada di bali khususnya di badung. Selain itu kebutuhan akan gong di masyarakat, pemerintah siap memberikan. Sementara bagi sekaa teruna, pemerintah juga memberi perhatian semaksimal mungkin. Di tahun 2018 ini dana motivasi untuk menyambut tahun saka, bagi sekaa teruna diberikan bantuan kreativitas dari Rp 15 juta menjadi Rp. 20 juta. Hal ini untuk mendorong kreativitas sekaa teruna kearah yang positif dan menjauhi hal-hal negatif seperti mabuk mabukan, mengganggu ketertiban umum dan geng motor serta penyalahgunaan narkoba dan narkotika.

Ketua panitia karya, Ida Bagus Kariana Putra, mewakili masyarakat Br Denkayu Baleran sangat berterima kasih kepada pemerintah Kab Badung, karena dapat meringankan beban masyarakat di dalam melaksanakan karya seperti sekarang ini. Bantuan sebesar Rp.1,5 miliar ini sangat meringankan beban masyarakat, karena rencana biaya untuk karya ini mencapai Rp. 1,7 M. Dijelaskan, karya ini digelar serangkaian telah selesainya perbaikan bangunan pura seperti; kori agung, gedong luwur, semua pelinggih yang menghabiskan dana sebesar Rp. 2,5 M. Sementara dudonan upacara yang sudah berjalan Selasa (21/11) nyukat genah, Rabu (22/11) nanjeb surya, Jumat (1/12) pengalang sasih negtegan, Kamis (21/12) pemelaspas pratima penyegjeg, Jumat (22/12) melasti mendak agung, Selasa (26/12) tawur balik sumpah, Kamis (28/12) mendem pedagingan. Selasa (2/1) puncak karya, Jumat (5/1) nugtug tigang rahina dan Sabtu (13/1) nyegara gunung dan ida betara kasineb. PR-MB 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *