banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Tersangkut Jaring, Penyu Hijau Puluhan Tahun Nyaris Mati

Penyu Hijau Puluhan Tahun Nyaris Mati

Jembrana (Metrobali.com)-

Seekor Penyu Hijau ditemukan sejumlah nelayan di Desa Air Kuning, Kecamatan Jembrana, Kamis (4/1). Saat ditemukan Penyu berusia puluhan tahun ini nyaris mati dengan mengalami sejumlah luka.

Dari informasi, Penyu Hijau ini pertamakali diketahui oleh I Gede Sudita, seorang warga Desa Air Kuning, Kecamatan Jembrana. Saat itu, sekitar pukul 13.00 Wita ia melihat seorang nelayan setempat tengah membopong seekor Penyu.

Setelah didekati, Penyu yang tempurungnya telah dibalikkan ini mengalami luka. Khawatir Penyu ini mati, Sudita kemudian menghubungi Kelompok Pelestari Penyu (KPP) Kurma Asih di Desa Perancak, Kecamatan Jembrana guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.

“Lukanya mungkin karena tersangkut jaring Pakis. Padahal penggunaan jaring Pakis sudah dilarang” ujar Sudita, Kamis (4/1).

Sementara itu, Koordinator KPP Kurma Asih, I Wayan Anom Astika Jaya mengatakan Penyu yang dievakuasi ke tempatnya ini berjenis kelamin betina. Setelah diobservasi, panjang Kerapas Penyu ini mencapai 73 x 80 Cm.

“Beratnya mungkin ada 100 Kg. Kalau dilihat dari kondisi fisiknya Penyu Hijau ini mungkin usianya mencapai 30 tahun lebih” ujarnya.

Selain menderita luka lanjutnya, Penyu juga mengalami stress sehingga tidak mau bergerak ketika ditempatkan di kolam penampungan. MT-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *