banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Deklarasi KBS-ACE dan AMAN di Gianyar akan Dihelat dengan Tampilan Baleganjur

Deklarasi Koster Bali Satu (KBS) – Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace serta pasangan Agus Mahayasrtra- Anak Agung Mayun (AMAN) di Lapangan Astina, Gianyar/MB

Gianyar, (Metrobali.com)-
 Ribuan seniman baleganjur serta seniman lainnya akan menghiasi deklarasi Koster Bali Satu (KBS) – Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace serta pasangan Agus Mahayasrtra- Anak Agung Mayun (AMAN) di Lapangan Astina, Gianyar pada tanggal 8 Januari 2018 mendatang.
“Saya atau tiang coba mengulas mengilustrasikan kegiatan pada tanggal 8 Januari 2018 sebagai deklarasi KBS -ACE dan AMAN, ” kata Yan Tu Prabawa, Arsitek pengerahan seniman ini ketika diwawancarai usai pertemuan dengan seniman Beleganjur di Sekretariat DPC PDIP Gianyar, Sabtu (30/12).

Deklarasi itu, kata Prabawa menjadi bagian dari  aktivitas komunitas seniman dalam menggali potensi masyarakat denga tujuan menjaga warisan seni dan budaya di Kabupaten Gianyar.

“Atraksi baleganjur ini  sebagai salah satu  contoh untuk  memberikan pemahaman kepada masyarakat luas konsep tentang parade seni dan budaya lahir di bumi seni,” katanya .

Konsep kegiatan yang melibatkan seniman yang datang dari berbagai pelosok desa ini merupakan sebagai salah satu  pemaknaan kalau Bali itu  Agung.

“Kami sengaja menata sehingga menjadi parade yang sangat damai,disamping sebagai salah satu  proses pembelajaran dalam mewujudkan nuansa sangat identik dengan seni dan budaya,” katanya.

Atraksinya ini nantinya akan dilakukan di lapangan Astina, kemudian areal Ngurah Rai, Catus Pata depan Puri Gianyar,dan  Catus Pata Patung Kuda.

“Para seniman ini nantinya terkondisikan untuk mensupport dalam KBS ACE dan AMAN di Kabupaten Gianyar, ” jelasnya.

Selain seniman, aparat kepolisian akan mengawal momen ini guna menjaga ketertiban.

“Intinya kita tonjolkan lebih banyak seninya dengan menghilangkan kesan show of force,” ujarnya.

Lebih jauh, ditekankan pada prinsipnya siapapun menjadi leader atau pemimpin yang menjaga nilai seni dan budaya pihaknya akan dukung.

Ketua DPC PDIP Gianyar, I Made Agus Mahayastra sekaligus menjadi calon Bupati dari PDIP berpasangan dengan Agung Mayun ini mengatakan sebanyak 280 sekeha baleganjur pihaknya kerahkan dalam deklarasi sekaligus pendaftaran paket AMAN ke KPU Gianyar. Kegiatan ini menurut politisi asal Payangan Gianyar ini  sebagai momen sekaligus menunjukkan kalau Gianyar adalah daerah seni.

“Setelah deklarasi kami akan mendaftar ke KPU Gianyar,” katanya. RED-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *