banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Pemkab Buleleng Raih Anugrah KASN Tahun 2017

 Setelah melakukan penanaman pohon di Tejakula, Bupati Agus Suradnyana beserta Wabup Sutjidra memperlihatkan trofi dan juga SK “Anugrah KASN” tahun 2017.

Buleleng (Metrobali.com)-

Di penghujung tahun 2017, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng kembali meraih prestasi nasional. Melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) meraih penghargaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) “Anugrah KASN” tahun 2017 kategori kepatuhan dan kualitas pelaksanaan seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT). Penghargaan yang menambah deretan prestasi nasional Pemkab Buleleng ini diterima langsung oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST di Auditorium Prof. Dr. Agus Dwiyanto Lembaga Administrasi Negara RI, Kamis (28/12).

Penganugrahan KASN 2017 yang pertama kali digelar ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada instansi pemerintah baik kementerian/lembaga, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota se-Indonesia dilihat dari tata kelola pelaksanaan  seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT). KASN melakukan beberapa tahapan dalam penentuan nominasi ini. Ada delapan instansi kementerian/lembaga, enam pemerintah provinsi, tujuh pemerintah kabupaten dan dua pemerintah kota yang dianugrahi penghargaan ini. Kabupaten Buleleng menjadi satu-satunya kabupaten di Bali yang menerima penghargaan ini.

Kepala BKPSDM Kabupaten Buleleng, Ni Made Rousmini, S.Sos yang juga mendampingi Bupati Buleleng dalam menerima penghargaan tersebut menjelaskan penghargaan ini diterima oleh Pemkab Buleleng karena kepatuhan dan kualitas Pemkab Buleleng dalam melaksanakan seleksi terbuka JPT. Tercatat sudah tiga kali Pemkab Buleleng melalui BKPSDM melakukan seleksi terbuka. “Penghargaan ini menjadi indicator kepatuhan dan kualitas seleksi terbuka yang sudah kita laksanakan untuk mendapatkan JPT yang berkualitas,” jelasnya.

KE depan, penghargaan ini akan dievaluasi setiap tahun oleh KASN. Oleh karena itu, bila kepatuhan dan kualitas seleksi terbuka yang dilakukan Pemkab Buleleng keluar dari standar yang telah ditentukan, penghargaan ini akan dicabut. Pemkab Buleleng harus mempertahankan kepatuhan dan kualitas seleksi terbuka tersebut sehingga bisa mempertahankannya.

“Kita akan terus pertahankan seleksi terbuka ini agar penghargaan ini tidak dicabut bahkan harus lebih baik lagi. Tahun depan, akan ada rekrutmen CPNS di daerah. MUdah-mudahan dengan penghargaan ini bisa menjadi pertimbangan agar Pemkab Buleleng bisa melaksanakan rekrutmen CPNS,” ujar Rousmini.

Sementara itu, Bupati Agus Suradnyana sangat mengapresiasi penghargaan yang telah diterima Pemkab Buleleng ini. Penghargaan ini menunjukkan bahwa manajemen ASN di Buleleng sudah mendapat perhatian lebih dari pemerintah pusat khususnya KASN. Dirinya juga kembali menegaskan bahwa dengan penghargaan ini, Buleleng kembali mendapatkan jatah untuk melaksanakan rekrutmen CPNS.

“Saya sangat bersyukur PEmkab Buleleng kembali menerima penghargaan tingkat nasional. Apalagi Buleleng menjadi satu-satunya kabupaten di Bali yang menerima penghargaan ini. Ini menunjukkan manajemen ASN kita sudah mendapat pengakuan dari pemerintah pusat,” ungkapnya.

Mengenai evaluasi yang akan dilakukan KASN setelah penghargaan diberikan, mantan Ketua Komisi III DPRD Bali ini menegaskan keyakinannya untuk bisa mempertahankan penghargaan ini. Dirinya akan tetap mempertahankan proses seleksi terbuka ini. “Saya yakin kita pasti bisa mempertahankan prestasti nasional ini. Untuk mendapatkan pejabat yang handal diperlukan assessment dalam seleksi terbuka tersebut,” tandas Agus Suradnyana. RED-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *