banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Veteran Dusun Pangi Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta Tabanan

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menghadiri pemakaman (9) orang veteran yang berasal dari Dusun Pangi, Desa Pikat, Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung, di Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta Kabupaten Tabanan, Jumat (29/12) .

Klungkung (Metrobali.com)-

                Sebanyak Sembilan (9) orang veteran yang berasal dari Dusun Pangi, Desa Pikat, Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung, dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta Kabupaten Tabanan, Jumat (29/12) . Dalam upacara pemakaman veteran tersebut dihadiri Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta yang sekaligus sebagai inspektur upacara, Kadis Sosial Ida Bagus Anom Adnyana, perwakilan dari Dandim Klungkung, perwakilan dari Dandim Tabanan, dan I Gede Purwaka yang selaku ketua panitia.

Sambutan Bupati Klungkung yang dibacakan Wabup Kasta menyampaikan, kegiatan ini merupakan wujud rasa hormat atau penghargaan atas jasa-jasa para pejuang kita khususnya di Kabupaten Klungkung. Dan berharap, melalui kegiatan pemakaman ini kesembilan veteran pejuang kemerdekaan Republik Indonesia akan selalu dikenang jasanya, menteladani jiwa dan semangat perjuangan yang tak kenal menyerah. Dalam mengenang jasa-jasa ini bisa juga dijadikan modal dasar dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan, sekaligus menjadi sumber inspirasi kekuatan Bangsa ke depan untuk tetap menjadi yang kuat dan besar.

Ketua panitia I Gede Purwaka dalam keterangannya menjelaskan, kegiatan ini dilakukan karena ada veteran di Pangi yang mempunyai hak untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan. Total keseluruhan veteran yang ada di Pangi adalah sebanyak 52 orang. Karena baru sembilan veteran tersebut yang syarat dokumennya sudah lengkap, jadi hanya kesembilan veteran tersebut yang diajukan untuk dibuatkan tempat pemakamannya. Untuk tahapan selanjutnya akan dilakukan karena masih proses melengkapi syarat. Salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk bisa dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) adalah harus mempunyai surat keputusan veteran sebagai pejuang kemerdekaan yaitu perjuangan dari tahun 1945-1949. Pada upacara ini ada dua tahapan yang dilakukan, yang pertama adalah upacara secara keagamaan dan yang kedua upacara secara kenegaraan. Kesembilan Veteran yang dimakamkan ialah, I Wayan Gereg, I Ketut Landrat, I Wayan Beyok, I Wayan Sayang, I Ketut Menyol,  I Wayan Berarak, I Ketut Kereng, I Nengah Renis, dan I Nengah Resi yang dimana kesemuanya berasal dari Dusun Pangi, Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Kabupaten KLungkung. PR-MB 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *