banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Volume Lava di Kawah Gunung Agung Terus Bertambah

Gunung Agung tremor

Volume lava di puncak Gunung Agung terus bertambah/MB

Karangasem, (Metrobali.com) –
Volume lava di puncak Gunung Agung terus bertambah. Jika sebelumnya dari hasil pemantauan satelit lava sudah memenuhi sepertiga dari volume kawah, kini jumlahnya ditaksir sekitar seperempat dari luas kawah.
Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), I Gede Suantika menuturkan, setidaknya hal tersebut yang terpantau dari pemantauan di puncak kawah menggunakan pesawat tanpa awak alias drone.
“Kemarin kita sudah mengambil data visual kubah lava di kawah. Lava belum memenuhi volume kawah yang tersedia. Masih jauh,” kata Suantika, Jumat 15 Desember 2017. Meski ada penambahan volume lava di puncak kawah, namun pertumbuhannya terkesan lambat. “Ada peningkatan tapi sedikit sekali. Terakhir dari data satelit sepertiga, sekarang sekitar seperempat. Tetap ada penambahan,” katanya.
“‎Lavanya sangat encer memenuhi lantai kawah. Lantai kawahnya sudah terisi penuh, tapi masih jauh dari bibir kawah yang ada sekarang,” ujar Suantika menambahkan.
Di sisi lain, Suantika menegaskan PVMBG juga telah melakukan pengukuran terhadap gas magmatik seperti sulfur dioksida, karbon dioksida dan uap air. Sampel sudah diambil dan masih dianalisa. “Datanya masih diolah. Mudah-mudahan besok ada hasilnya,” tuturnya.
Melihat dua parameter tersebut, Suantika tak bisa menjamin apakah erupsi eksplosif akan terjadi atau tidak. “Untuk memastikan letusan eksplosif kita lihat ke depan datanya. Sampai saat ini seperti kita rilis beberapa waktu lalu, dia sifatnya masih erupsi magmatik yang efusif,” demikian Suantika. JAK-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *