banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Buka Lomba Ceki, Wabup Sanjaya Tekankan Untuk Selalu Jaga Pesemetonan

WABUP1 (3)
 Suasana lomba ceki di Banjar Adat Satrya Mandhala, Jambe Blodan, Desa Dauh Peken, Tabanan, Minggu (10/12)

Tabanan (Metrobali.com)-

Semenjak diresmikan menjadi Olah Raga Rekreasi Masyarakat pada tahun 2009 silam oleh Federasi Olah Raga Rekreasi Masyarakat (Formi) Provinsi Bali. Ceki atau yang lebih dikenal dan lebih membudaya di kalangan masyarakat Bali dengan istilah “Meceki” kini sangat digandrungi. Bahkan meceki kini marak dipakai sebagai ajang dalam rangka penggalian dana, yang dikemas dalam Lomba Ceki.
Seperti yang diselenggarakan oleh Banjar Adat Satrya Mandhala, Jambe Blodan, Desa Dauh Peken, Tabanan, Minggu (10/12). Dalam rangka penggalian dana jelang pemlaspasan Bale Kukul milik Banjar Adat setempat.
Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, yang secara langsung membuka acara yang diikuti oleh 125 orang peserta tersebut. Hadir juga Anggota DPR-RI I Made Urip, I GN. Putra Wirasana, Anggota DPRD Tabanan I Gusti Komang Wastana, Perbekel serta tokoh masyarakat setempat.
Disamping itu, lomba ceki ini diselenggarakan bukan semata-mata bertujuan untuk ajang penggalian dana, melainkan lomba ceki ini dimaksudkan agar lebih mempererat tali persaudaraan. Seperti yang telah disampaikan oleh manggala Adat Banjar Satya Mandhala, Jambe Blodan Pak Juniarta.
“Boye je lomba niki tujuane ngerereh juara, nanging untengne niki untuk lebih mempererat pesemetonan dan persatuan khususnya di Desa Dauh Peken, dan Desa Pekraman Kota Tabanan”, ungkapnya.
Atas diselenggarakannya kegiatan ini, Wabup Sanjaya mengungkapkan, selain bertujuan untuk penggalian dana dan untuk mempererat pesemetonan dan persatuan seperti yang telah disampaikan Manggala Adat. Namun lomba ceki ini juga merupakan partisipasi aktif masyarakat Tabanan dalam rangka melestarikan Budaya Bali.
Orang nomer di Tabanan ini juga menambahkan agar masyarakat di Tabanan lebih sering lagi menyelenggarakan acara yang serupa, supaya persatuan diantara pesemetonan yang sudah terjaga dengan baik, bisa lebih dipererat lagi.
“Apa yang digagas ini sudah becik pisan, luar biasa maknanya. Dalam ajang ini silaturahmi juga terus terjaga sehingga lebih memudahkan Pemerintah dalam mewujudkan Tabanan yang Serasi (Sejahtera, Aman dan Berprestasi), pungkas Sanjaya.
Dirinya juga mengatakan bahwa Beliau akan selalu Ngayah bagi dan dengan masyarakat didalam membangun Tabanan. Apapun itu hajatannya, Sanjaya akan selalu berusaha hadir di dalam hajatan yang digelar oleh masyarakat.
“Sepanjang masyarakat kompak, apapun hajatan yang digelar masyarakat, Tiang bersedia hadir dan Ngayah. Inilah kebanggaan Titiang melihat masyarakat kompak dan bersatu. Apabila telah bersatu apapun bisa diwujudkan dalam pembangunan ini”, tutup Sanjaya.
Selain membuka Lomba Ceki tersebut, Wabup Sanjaya juga ikut menunjukkan kebolehannya bermain ceki, ditemani oleh I GN. Putra Wirasana, 2 orang manggala Adat setempat. Permainan yang cukup menghibur tersebut, dimenangkan oleh salah satu manggala adat setempat. Dan tidak lupa juga, Wabup Sanjaya menyerahkan Punia yang diterima Manggala Adat. Rls-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *