banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Melalui Kegiatan Padat Karya Dapat Membantu Pemberdayaan Masyarakat

PK Infrastruktur3

 Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menghadiri Kegiatan Penyerapan Tenaga Kerja dengan Pola Padat Karya Tahun 2017 di Dusun Pasekan Desa Dawan Kaler Kecamatan Dawan Klungkung pada Selasa (14/11).

Klungkung  (Metrobali.com)-

 

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menghadiri Kegiatan Penyerapan Tenaga Kerja dengan Pola Padat Karya Tahun 2017 di Dusun Pasekan Desa Dawan Kaler Kecamatan Dawan Klungkung pada Selasa (14/11).

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung I Gede Kusumajaya melaporkan pada kegiatan padat karya ini merupakan jenis kegiatan padat karya infrastruktur, dengan sasarannya yakni, tersedianya infrastruktur sederhana untuk menunjang kegiatan sosial ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat pengangguran, setengah menganggur, dan masyarakat miskin dengan memanfaatkan potensi sumber daya lokal.

Manfaat dari padat karya infrastruktur ini yakni untuk memperlancar sosial ekonomi, juga sebagai akses menuju Pura Bukit Lingga. Dengan panjang jalan yang akan dibuka sepanjang 700m sampai tangga paling bawah Pura Bukit Lingga, yakni Bangkiang Jaran dengan lebar 4 m, sedangkan sisa panjang lagi 300 m sampai di Pura, sudah ada tangga menuju lokasi tersebut. Jalan akan dilakukan betonisasi selebar 2,5 m dengan menggunakan tenaga kerja lokal yang menganggur, setengah menganggur, dan yang kurang mampu.

Tenaga kerja yang terlibat sebanyak 88 orang,  80 pengayah atau tenaga pembantu terdiri dari perempuan 18 orang dan sisanya laki-laki berjumlah 62 orang dengan upah kerja Rp 80.000,00 perhari, dengan durasi bekerja selama 8 jam, tukang 4 orang dengan upah Rp 85.000,00@hari dan ketua kelompok 4 orang dengan upah Rp 90.000,00 @hari. Kegiatan Padat Karya Infrastruktur ini dilaksanakan selama 20 hari.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya mengharapkan melalui Kegiatan Padat Karya dapat membantu pemberdayaan masyarakat yang tidak bekerja bisa dijadikan tenaga kerja pada Padat Karya Infrastruktur dan dibayar dengan layak. Bupati Klungkung merasa bangga dan senang dengan masyarakat di Desa Pekraman Dawan karena bisa menikmati kebersamaan dan menunjukkan kekompakan dalam melakukan suatu kegiatan secara bersama-sama, sesuai dengan pengertian Slogan aksi Gema Santi. “Inilah Pengertian Gema Santi yang sesungguhnya”, ujar Bupati Suwirta. Padat karya merupakan solusi terbaik dalam menerapkan konsep (oleh, dari, untuk) dengan tujuan supaya pemberdayaan Di Desa dan di Masyarakat benar-benar terjadi. Bupati Suwirta mengharapkan kedepan kegiatan pembukaan akses, pembuatan jalan setapak, jalan dikawasan pertanian dapat menggunakan konsep padat karya.

Seusai Memberikan Sambutan, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta  membuka kegiatan Padat Karya Infrastruktur yakni Pembukaan Jalan Baru dengan menyerahkan Alat kerja secara simbolis Klungkung I Nyoman Suwirta kepada 4 warga desa Dawan kaler serta melakukan prosesi peletakan batu pertama di tempat Padat Karya dilakukan..

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Komandan Distrik Militer 1610 Klungkung Letnan Kolonel Kav. Jacob Janes Patty, Camat Dawan Anak Agung Gede Putra Wedana, Perbekel Desa Dawan Kaler I Kadek Sudarmawa dan undangan terkait lainnya. PR-MB 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *