banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Parade Kolosal 230 Gebogan Raih MURI

FBN kerjasama dengan Pemkab Badung

parade geboganMangupura  (Metrobali.com)-
Menyemarakkan Hari Pahlawan 10 November dan Hut ke-8 Mangupura, DPW Forum Bela Negara (FBN) Provinsi Bali bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Badung, menyelenggarakan Parade Kolosal 230 Gebogan yang dibawakan ibu-ibu PKK Kuta. Parade Kolosal ini lantas mendapat penghargaan bergengsi dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Parade dilaksanakan Jumat (10/11) di Park 23 Mall Tuban Kuta Badung.

“Kami ingin menjaga, melestarikan serta mempromosikan budaya lokal kepada dunia sebagai salah satu bentuk nyata bela negara”, ujar Ketua DPW FBN Provinsi Bali, Agustinus Nahak, disela-sela Parade Kolosal. Dikatakannya, dengan acara yang diselenggarakan DPW FBN Pronvinsi Bali, diharapkan mendorong kecintaan dan kebanggaan masyarakat terhadap khasanah budaya nusantara. “Tak hanya budaya Bali, kita juga akan memperkenalkan budaya dari luar Bali dan mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya lokal nusantara bahwa Indonesia sangat kaya akan beragam adat, tradisi seni budaya”, jelas Agustinus Nahak yang juga Ketua Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) Bersatu Bali ini.

Dengan parade budaya semacam ini, Ia juga berharap seluruh rakyat Indonesia dapat terus menjaga persatuan dan kesatuan serta tetap menjaga 4 konsensus kebangsaan yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Nilai-nilai bela negara harus terus tertanam dalam jiwa seluruh rakyat Indonesia”, tegasnya.

Parade Kolosal 230 Gebogan, dibuka Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa, dan dihadiri Dandim Badung, para tokoh aliansi masyarakat Bali, anggota DPRD Badung dan juga dari Museum Rekor Indonesia. Sebelum parade dilepas, terlebih dahulu diawali dengan doa dan juga laporan dari Ketua Panitia yang juga Ketua DPW FBN Provinsi Bali.

Acara ini juga dimeriahkan pertunjukkan fire dance dan penampilan penyanyi Bali Widi Widiana. Di puncak acara, perwakilan MURI menyerahkan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Badung dan juga penghargaan rekor dunia kepada DPW FBN Provinsi Bali yang diwakili oleh Ketua DPW FBN Provinsi Bali Agustinus Nahak, atas dedikasinya menyelenggarakan Parade Kolosal 230 Gebongan. Agustinus Nahak menyatakan, DPW FBN Provinsi Bali telah membentuk Forum Bela Negara di 8 kabupaten dan 1 kota. Kehadiran FBN Bali mengemban visi dan misi menviruskan bela negara kepada semua elemen masyarakat agar memiliki rasa bela negara, nasionalisme dan cinta tanah air.

“Bela negara bukan untuk mengangkat senjata maupun militerisme. Namun bela negara dilakukan dengan pekerjaan dan profesi kita masing-masing”, jelasnya. FBN diungkapnya juga mengajak seluruh masyarakat Bali untuk menjaga keutuhan NKRI serta tetap bersatu dalam kebhinekaan. “Jika kita semua bersatu dalam kesatuan NKRI, maka bangsa ini akan dijauhkan dari intoleransi dan radikalisme. Kita adalah bangsa yang beradap dan berkebhinekaan yang tunggal ika, kita berbeda tetapi tetap satu sebagai bangsa Indonesia. NKRI harga mati”, tegasnya.  GA-MB 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *