banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Walikota Rai Mantra Pimpin Apel Hari Pahlawan : Ajak Generasi Muda Pelajari Sejarah, Perkokoh Pembangunan Bangsa

 Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra
Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra bersalaman dengan salah seorang veteran

Denpasar (Metrobali.com)-

Setiap Tanggal 10 November menjadi peringatan Hari Pahlawan bagi seluruh Bangsa Indonesia. Mengenang para pahlawan perintis kemerdekaan dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan yang dilakukan. Hal ini menjadi momentum Pemkot Denpasar dalam mengenang jasa pahlawan dengan menggelar Upacara Bendera, Jumat (10/11) di Lapangan Lumintang Denpasar.

Upacara Bendera dengan inspektur upacara Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra yang tampak dihadiri Wakil Walikota I GN Jaya Negara, Sekda Kota Denpasar A.AN Rai Iswara, dan Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede.

Tampak pula hadir Kapolresta Denpasar Kombes Hadi Purnomo, Kejari Denpasar Sila Haholongan Pulungan, unsur TNI, para Veteran, Ormas, siswa sekolah, pecalang, bendesa adat, perbekel/lurah, dan seluruh OPD Pemkot Denpasar. Dari awal pelaksanaan upacara yang diisi dengan lagu-lagu kemerdekaan, pengibaran Bendera Merah Putih, pembacaan teks Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan pembacaan pesan-pesan pahlawan. Dilanjutkan mengheningkan cipta selama 60 detik untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Rai Mantra juga membaca amanat Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa yang mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, lingkungan, masyarakat, maupun pahlawan bagi negeri ini.

Lebih lanjut Rai Mantra juga mengajak generasi muda untuk mempelajari sejarah secara baik dalam memperkokoh pembangunan bangsa. “Adik-adik jika enggan mempelajari sejarah bangsa menjadi tantangan terbesar, sehingga perlu dipelajari secara baik untuk memperkokoh pembangunan bangsa ini,’’ ujar Rai Mantra.

Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Denpasar Djero Wiladja menghimbau kepada generasi penerus dapat terus memperkokoh persatuan dan kesatuan untuk membangun negeri, dengan semangat 1945 yang telah dikorbankan para pahlawan pendahulu kita. “Persatuan dan kesatuan untuk membangun sangat penting, tanpa itu tidak bisa,’’ ujarnya.

Pemkot Denpasar telah memberikan perhatian kepada anggota LVRI Denpasar terutama bidang kesehatan dan bidang spiritual juga sangat diperhatikan. Sehingga bagi kami para veteran yang sudah uzur bahwa perhatian ini menjadi terapi dalam menjalani kehidupan ini. “Walikota Rai Mantra sudah memberikan perhatian yang sangat besar bagi kami di LVRI Denpasar baik dalam segi kesehatan hingga spiritual,’’ ujarnya.

Sementara salah satu siswa SMK N 5 Denpasar Mia Febriola berharap sebagai generasi dapat meneladani pahlawan yang berjuang dalam kemerdekaan RI. Ia juga mengharapkan kepada Pemkot Denpasar dapat terus meningkatkan program-program menumbuhkan semangat kepada generasi muda. Meski hal ini telah diberikan fasilitas yang seluas-luasnya kepada anak-anak muda Denpasar untuk berkreatifitas seperti Youth Park, namun juga dapat terus ditingkatkan. “Pemerintah dapat terus meningkatkan wadah kreatifitas anak muda Denpasar dalam menyongsong kemerdekaan ini,’’ ujarnya. PUR-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *