banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Bupati Suwirta Dorong Percepatan Pembangunan Pelabuhan Segi Tiga Emas

apat pembahasan finalisasi Master Plan dan DED Penataan Pelabuhan Sampalan Nusa PenidaSuasana rapat pembahasan finalisasi Master Plan dan DED Penataan Pelabuhan Sampalan Nusa Penida Kamis (9/11). (Doc.Humas Klungkung)

Klungkung (Metrobali.com)-

Untuk mengimbangi pesatnya perkembangan pariwisata di kecamatan nusa Penida saat ini, dibutuhkan segera pengembangan dan pembangunan sarana penunjang seperti pelabuhan yang memadai. Untuk itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mendorong percepatan pembangunan pelabuhan segitiga emas, saat rapat pembahasan finalisasi Master Plan dan DED Penataan Pelabuhan Sampalan Nusa Penida Kamis (9/11).

Pembangunan maupun penataan pelabuhan  segitiga emas ini selain bertujuan untuk menguatkan konektivitas antara Klungkung daratan – Nusa Penida – Nusa Lembongan juga untuk memperkuat daya saing destinasi pariwisata. Selain itu untuk mengurangi kerusakan biota laut dipesisir pantai akibat banyaknya area pantai yang digunakan sebagai pelabuhan.

Ginanjar, salah seorang konsultan dari Multi Habitat memaparkan, pengembangan pelabuhan sampalan kedepannya akan mampu menampung 8 speedboat sekali sandar.  Dengan menggunakan lahan seluas +5000m2 bangunan dermaga nantinya akan mampu menampung 300 penumpang serta area parkir kendaraan yang cukup luas.

Menanggapi pemaparan dari pihak konsultan, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meminta peningkatan kapasita penumpang pada gedung pelabuhan.  Mengingat kondisi saat ini jumlah penumpang sangat banyak di masing masing pelabuhan yang tersebar, apalagi ketika musim libur dan hari raya. Bupati Suwirta berharap gedung pelabuhan yang luas, nyaman bagi penumpang serta memiliki pemandangan indah menghadap kelaut.

“Dalam pengoperasian dermaga nantinya akan dikelola oleh Badan Pengelola dengan gaya swasta, dengan begitu manajemen dan pelayanan kepada pengguna maupun pengusaha boat diharapkan akan lebih baik,” ujar Bupati Suwirta. Dalam rapat diruang rapat kantor bupati klungkung tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Nyoman Sucitra. PR-MB 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *