banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Gerak Jalan Sadar Pemilihan Serentak 2018 di Tabanan, Upaya Tingkatkan Kesadaran Pemilu

Gerak Jalan Sadar Pemilihan Serentak 2018 di Tabanan
Gerak Jalan Sadar Pemilihan Serentak 2018 di Tabanan

Tabanan (Metrobali.com)-

 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia menggelar Gerak Jalan Sadar Pemilihan Serentak di seluruh Indonesia. Di Tabanan sendiri, acara gerak jalan ini dipusatkan di Lapangan Alit Saputra Tabanan, Minggu (29/10). Pelepasan ditandai dengan pengangkatan bendera start oleh Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, dimana sebelumnya juga didakan pelepasan balon ke udara.
Ketua KPU RI Arief Budiman dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Ketua KPU Tabanan Luh Darayoni mengatakan Gerak Jalan Sadar Pemilihan Serentak 2018 yang digelar diseluruh Indonesia ini bukan  agenda sesaat belaka. Ini merupakan pijakan awal untuk membangun Gerakan Sadar Pemilu (GSP) secara berkelanjutan.
“Kita menginginkan semua elemen bangsa bersinergi, berkoloborasi, dan bergerak bersama untuk menyadarkan publik bahwa Pemilu sebagai sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat adalah sesuatu yang penting bagi kehidupan mereka. Tugas kita bersama menyadarkan publik bahwa pilihan mereka dibilik suara yang hanya 5 menit akan mempengaruhi kebijakan politik di daerah tersebut untuk 5 tahun ke depan” ujarnya.
Dijelaskannya Pemilihan Serentak 2018 merupakan pemilihan serentak gelombang ke-3 setelah dimulainya pemilihan serentak pada tahun 2015. Terdapat 171 daerah yang akan mengikuti pemilihan serentak tahun 2018, terdiri dari 17 Provinsi, 39 Kota, dan 115 Kabupaten.
“Karena penyelenggaraan Pemilu serentak beririsan dengan Pemilu Serentak 2019 tak dapat dipungkiri suhu politik akan lebih hangat.  Jadi penyelenggara pemilu di semua tingkatan harus mengelola setiap tahapan secara profesional dan berintegritas,” ungkapnya.
Disamping melayani peserta pemilu, tugas penting dan yang paling fundamental dari penyelenggara pemilu adalah melayani pemilih agar mereka dapat menunaikan hak konstitusionalnya secara rasional, cerdas, mandiri, dan penuh tanggung jawab.
“Pastikan pemilih yang sudah memiliki KTP elektronik tercatat dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT),” imbuhnya.
Para peserta yang telah melewati rute hingga finish diberikan kupon yang akan diundi di akhir acara. Para peserta yang terpilih akan mendapatkan doorprize berupa sebuah kulkas dan meskin cuci serta berbagai hadiah hiburan menarik lainnya. Kegiatan gerak jalan pada pagi hari itu juga dimeriahkan dengan hiburan.  Rls-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *