banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Ribuan Warga Kembali ke Rumah di Zona Merah Gunung Agung

Gunung-Agung-12
Karangasem, (Metrobali.com) –
Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menuturkan, saat ini ribuan warga pengungsi Gunung Agung kembali ke rumah mereka. Padahal, daerah mereka msuk dalam zona merah peta KRB (Kawasan Rawan Bencana).
“Sekitar 1.200 orang masyarakat yang sudah kembali ke daerah merah,” kata Sutopo, Kamis 12 Oktober 2017. Untuk mengantisipasi hal tersebut, dibentuk dua tim khusus keselamatan masyarakat yang diketuai oleh Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Provinsi Bali dan Kapolres Karangasem.
Tak hanya itu, Sutopo mengaku BNPB melibatkan relawan dan beberapa orang korban erupsi Gunung Merapi untuk memberi pemahaman kepada masyarakat perihal bahaya kembali ke zona merah Gunung Agung.
‎”Satgas dan tim tersebut  juga bekerjasama dengan relawan dan beberapa orang korban erupsi Merapi untuk memberi pemahaman kepada masyarakat,” tuturnya. Menurutnya, ketidakpastian Gunung Agung yang membuat masyarakat nekat masuk kembali ke zona merah bahaya Gunung Agung seperti direkomendasikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).
“Tantangan sekarang, dengan situasi ketidakjelasan atau ketidakpastian, masyarakat sudah mulai melanggar ketentuan keselamatan (sesuai rekomendasi PVMBG),” ujarnya. JAK-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *