banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Baru Dua Parpol Daftar ke KPU Jembrana

Pengurus PDI-Perjuangan saat menyerahkan berkas ke KPU Jembrana

Baru dua partai politik (parpol) yakni Perindo dan PDI Perjuangan yang menyerahkan berkas ke KPU Jembrana/MB

Jembrana, (Metrobali.com) –

Baru dua partai politik (parpol) yakni Perindo dan PDI Perjuangan yang menyerahkan berkas ke KPU Jembrana. PDI Perjuangan Jembrana menjadi partai kedua yang mendaftar di KPU Jembrana.

Diiringi kesenian Bleganjur dan Rebana, partai yang mendominasi suara pada Pemilu 2014 ini membawa berkas diiringi ratusan kader dan pengurus PAC se-Jembrana dari Kantor DPC PDI Perjuangan di Jalan Ngurah Rai.

“Kami, DPC Jembrana menyodorkan 520 KTA berikut KTP beserta dokumen administrasi yang dibutuhkan ke KPU” ujar Sekretaris DPC PDIP Jembrana, Ni Made Sri Sutharmi, ditemui di KPU Jembrana, Rabu (11/10) sore.

Menurutnya, jumlah tersebut sudah sesuai dengan data yang sebelumnya diisi dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Sementara itu, Ketua KPU Jembrana, I Gusti Ngurah Agus Darma Sanjaya mengatakan tahapan pendaftaran parpol peserta pemilu ini dimulai dari tanggal 3 sampai 16 Oktober ini. Namun hingga Rabu kemarin baru dua parpol calon peserta pemilu yang sudah menyerahkan dokumen.

“Senin (9/10) lusa Partai Perindo, dan hari ini PDI Perjuangan” ujarnya.

Menurutnya, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) setelah tahapan pendaftaran masih ada tahapan lainnya diantaranya penelitian administrasi dan verifikasi faktual lapangan. “Untuk parpol peserta pemilu 2014, hanya penelitian administrasi. Sedangkan untuk parpol baru akan dilakukan verifikasi faktual” jelasnya.

Dalam tahap pendaftaran lanjut Darmasanjaya, masing-masing parpol calon peserta pemilu di Kabupaten/Kota harus menyerahkan daftar nama minimal 1000 KTP atau 1/1000 dari jumlah pemilih disertai salinan KTA (Kartu Tanda Anggota) dan KTP Elektronik.

Untuk di Kabupaten Jembrana imbuhnya saat ini terdapat 323.211 pemilih sehingga parpol calon peserta pemilu minimal harus mengumpulkan 323 KTA atau KTP.

“Kalau belum memiliki KTP Elektronik, bisa menggunakan surat keterangan (suket) dari Dinas Kependudukan. Syarat ini wajib dipenuhi untuk memastikan keanggotaan” ungkapnya.

Dari data di KPU Jembrana, pada pemilu 2014 lalu terdapat 12 parpol peserta pemilu diantaranya PDI Perjuangan dengan perolehan 14 kursi atau 71 persen, Partai demokrat 4 kursi (19 persen), Partai Gerindra 4 kursi (18 persen), Partai Golkar 4 kursi (17 persen), PKB 2 kursi (6 persen), PKS 2 kursi (5,7 persen) dan Partai Nasdem 1 kursi (5,2 persen). MT-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *