banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Sidak Toko Obat, BBPOM Sita Ratusan Obat dan Jamu

Petugas saat menyiddak salah satu toko obat di Kec. Negara

Petugas saat menyiddak salah satu toko obat di Kec. Negara

Jembrana (Metrobali.com)-

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Denpasar bersama Kepolisian dan Dinas Koperindag Jembrana Selasa (10/10) melakukan sidak kesejumlah toko obat di Jembrana.

Hasilnya, ratusan obat dan jamu berbahaya bagi kesehatan manusia berhasil disita, diantaranya Kijang Mas, Wan Tong, MontaliN dan Tawon Liar untuk mengobati pegel linu dan asam urat.

Selain obat dan jamu, petugas juga mengamankan sejumlah kosmetik seperti kream pemutih wajah dan obat buatan cina yang peredarannya dilarang BBPOM.

Sidak obat dan jamu tersebut menurut Ni Putu Maryati, Kepala Seksi Penyidikan BPOM Denpasar bertujuan agar masyarakat terhindar dari penggunaan obat dan jamu yang tidak memenuhi syarat karena mengandung bahan kimia dan sebagai antisipasi penyalahgunaan dan peredaran obat berbahaya.

“Ada 21 item obat dan puluhan item jamu yang kami sita. Pemiliknya kami berikan teguran dan surat peringatan” ujar Maryati, Selasa (10/10).

Atas temuan tersebut pihaknya akan melakukan pengembangan diantaranya melakukan penelusuran terhadap pemasoknya dengan melibatkan Dinas Koperindag dan Kepolisian.

Selain di Kecamatan Negara, petugas juga melakukan sidak kesejumlah toko obat di Kecamatan Melaya hingga Kelurahan Gilimanuk. MT-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *