banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Libatkan Stakeholder Untuk Percepatan Pembangunan

OPD KLUNGKUNG

Bupati Suwirta di Balai Budaya, Ida Dewa Agung Istri Kanya, Semarapura, Senin (9/10/2017).

 Klungkung (Metrobali.com)-

Sinergitas pembangunan ekonomi desa harus dapat dijalankan dengan baik. Ada dua kunci keberhasilan yang mempengaruhi, yakni memahami cara kerja dan melaksanakan dengan tulus iklas. Penyamaan persepsi ini diharapkan dapat berjalan dengan baik untuk kemajuan perekonomian di desa.  “Lakukan sinergitas antar lembaga ekonomi desa,” ujar Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat sosialisasi percepatan pembangunan ekonomi, kesehatan dan pariwisata di Kabupaten Klungkung dihadapan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Perbekel, Bendesa, Pengurus BUMDes dan Koperasi se-Kabupaten Klungkung.

Ekonomi desa yang dimaksud meliputi Koperasi, Lembaga Perkreditan Desa (LPD), Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Gerbangsadu, Simantri, UMKM dan lainnya. Berbicara koperasi, Bupati Suwirta meminta pengurus koperasi agar menerapkan sistem dasar koperasi. Seperti cadangan, jasa anggota, dana pendidikan, dana sosial, dana PDK, dana pengurus dan dana karyawan. Menurut Suwirta, koperasi mempunyai peran dalam pembangunan. Diantaranya dalam pemerataan pendapatan, menekan inflasi, meningkatkan semangat hidup bersama dan mengurangi pengangguran termasuk kini dalam penyaluran beras lokal. “Semua ekonomi di desa agar dapat menyalurkan beras lokal,” pinta Bupati Suwirta di Balai Budaya, Ida Dewa Agung Istri Kanya, Semarapura, Senin (9/10/2017).

Dibidang kesehatan, terkait pelayanan kesehatan gratis secara menyeluruh, Bupati berharap program ini dapat berjalan optimal mulai Nopember mendatang. Menurutnya, Pemkab Klungkung telah memasang anggaran dana kesehatan untuk dua bulan terakhir. Sehingga ditahun 2017 semua masyarakat Klungkung harus ditanggung BPJS. “Bagi Desa yang belum menyetor, segera setor datanya,” pintanya kembali.

Sementara dibidang pariwisata, Bupati menyatakan akan mengolkan City Tour dan Desa Wisata. Dimana pada 20 Oktober nanti, Pemkab akan melakukan grand launching City Tour dan Desa Wisata Kamasan. “Desa-desa yang lain menyusul termasuk yang mempunyai potensi, kembangkan,” sebutnya.

Selain itu, beberapa program unggulan lainnya seperti angkutan siswa dan smart city diharapkan dapat dikelola dengan baik, termasuk satu program yang akan dilaunching pada akhir tahun ini, yakni Yowana Gema Santi. Dimana Pemkab Klungkung akan merekrut satu tenaga dari desa untuk melakukan validasi data, baik menyangkut pendidikan, kesehatan, kemiskinan maupun data lainnya. PR-MB 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *