banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Keluarga Benteng Pencegahan Narkoba

Poto bersama ibu-ibu PKK Kabupaten Gianyar
Poto bersama ibu-ibu PKK Kabupaten Gianyar
Gianyar (Metrobali.com)-
Pencegahan penyalahgunaan narkoba haruslah dimulai sejak dini, terutama dilingkungan terdekat yaitu keluarga. Peran seorang ibu sangatlah menentukan  dalam menjaga keluarganya dari penyalahgunaan narkoba.
Pada beberapa kasus  anak yang terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba diakibatkan kurang mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari orang tua sehingga mereka bergaul dengan teman-teman yang salah dan melampiaskan pada narkoba.
Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali Brigjen Pol. Drs. I Putu Gede Suastawa, SH didampingi Ka BNN Kabupaten GIanyar AKBP I Made Pastika menjadi narasumber dalam kegiatan Komunikasi informasi dan edukasi (KIE) P4GN Melalui Media Konvensional Kepada Keluarga tahun 2017 di Gianyar menghadirkan 60 orang ibu-ibu PKK Kabupaten Gianyar, dipimpin Ketua Tim Penggerak PKK Ida Ayu Ketut Surya Adnyani, SE., MAP.
“Ibu adalah orang yang mempunyai peran yang cukup besar didalam keluarga. Apalagi anak-anak yang sangat dekat dengan ibu dibanding ayah. Peran itu sangat menentukan kehidupan keluarga,” ungkap Ka BNNP Bali.
Untuk membentengi keluarga dari penyalahgunaan narkoba upaya pencegahan dini dapat dilakukan dengan menanamkan nilai-nilai positif kepada keluarga baik berupa kemampuan mengatasi masalah, kemampuan bersosialisasi, budaya hidup sehat, harga diri dan percaya diri, dan kepribadian berkarakter serta menyampaikan informasi tentang narkoba kepada anak, suami dan keluarga.
“Peran keluarga dalam P4GN yaitu menciptakan lingkungan keluarga yang harmonis, memahami kondisi psikologis anak, menjalin komunikasi antara orang tua dan anak, membekali anak dengan iman dan takwa, memberikan pengetahuan bahaya narkoba, mengajarkan tanggung jawab kepada anak, serta adanya pengawasan secara aktif” tutup Ka BNNP Bali. ARI-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *