banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Setengah Ton Kulit Babi Beku Diamankan di Gilimanuk

Truk ekspedisi yang mengangkut kulit babi beku saat diperiksa petugas dari Polsek Gilimanuk

Truk ekspedisi yang mengangkut kulit babi beku saat diperiksa petugas dari Polsek Gilimanuk

Jembrana (Metrobali.com)-

Upaya penyelundupan setengah ton lebih kulit babi beku digagalkan Unit Reskrim Polsek Kawasan Laut Gilimanuk yang tergabung dalam UKL (Unit Kecil Lengkap), Rabu (13/9) dini hari.

Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk, Kompol Nyoman Subawa melalui Kanit Reskrim AKP Komang Muliyadi mengatakan kulit babi beku sebanyak 554 kilogram ini ditemukan ketika memeriksa kendaraan truk ekspedisi Gunung Harta DK 9362 GH.

Truk yang dikemudikan Andhi Pramono (38) dari Surabaya, Jawa Timur ini menurutnya masuk pos pemeriksaan pintu keluar Bali di Gilimanuk sekitar pukul 01.30 Wita.

“Dari pengakuan sopir, kulit babinya dibawa dari Jogyakarta dengan tujuan Kota Negara, Kabupaten Jembrana” ujar Muliyadi, Rabu (13/9).

Untuk mengelabui petugas kata Muliyadi, kulit babi beku tersebut ditempatkan kedalam plastik bening yang kemudian dimasukan kedalam 6 kampil (karung goni).

“Karena sopir tidak bisa menunjukan dokumen pengiriman dan sertifikat kesehatan dari Karantina setempat maka kulit babinya kami amankan” terang Muliyadi.

Muliyadi menambahkan setiap pengiriman komoditi apalagi untuk diantarpulaukan seharusnya dilengkapi surat atau sertifikat kesehatan dari Karantina asal komoditi sesuai dengan UU nomor 16 Tahun 1992 Tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan.

“Barang buktinya sudah kami limpahkan kepada pihak Karantina Hewan Wilker (Wilayah Kerja) Gilimanuk untuk dilakukan tindakan Karantina” pungkas Muliyadi. MT-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *