banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Wabup Sanjaya Hadiri Ngenteg Linggih di Pura Dalem Angkah

Ngenteg Linggih di Pura Dalem Angkah
 
Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya bersama rombongan menghadiri karya Ngenteg Linggih di Pura Dalem Angkah, Selemadeg Barat, Senin (11/9).
Tabanan (Metrobali.com) –
Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menghadiri karya Ngenteg Linggih di Pura Dalem Angkah, Selemadeg Barat, Senin (11/9). Wabup Sanjaya dalam sambutannya memberikan apresiasi atas semangat dan kesungguhan yang dilakukan masyarakat Desa Angkah.
“Berhasil tidaknya sebuah upacara tidak tergantung dari  banyak atau sedikitnya jumlah KK dari sebuah desa adat. Niat, kesungguhan, semangat gotong royong yang dilandasi sifat tulus ikhlas adalah kuncinya. Saya sangat kagum  dan salut kepada masyarakat Angkah khususnya yang mampu bergotong royong sehingga terwujud pembangunan Pura Dalem yg megah ini serta mampu melaksanakan upacara yg sungguh besar,” ungkapnya.
Sementara itu Ketua panitia karya, I Nyoman Widura melaporkan bahwa upacara ini dilaksanakan, pada Anggara Kliwon, Kulantir, berkaitan dengan  selesainya seluruh bangunan palinggih berikut penyengker dan kori agung 
“Upacara dilakukan sehubungan dengan rampungnya bangunan palinggih dan penyengker. Pengerjaan dilakukan  secara bertahap dan bergotong royong sejak 4 tahun lalu . Warga desaPaakraman Angkah juga sekaligus nangiang 2 buah tapakan Ida Batara berupa rarung dan rangda,” ujarnya . 
Dikatakan upacara ini menghabiskan dana 600 juta rupiah yang didapat dari iuran kepala keluarga dan sumbangan dari donatur.
“Pura ini diempon oleh  300 KK dimana untuk upacara ini setiap KK dikenakan iuran 1.2 juta. Sisa biaya didapatkan dari sumbangan donatur,” tukasnya. 
Upacara ngenteg linggih tersebut di puput oleh Ida Peranda Tamansari Tabanan, prosesi nyejer akan dilakukan hingga  15 september.  Setelah karya ini akan dilanjutkan  dengan upacara Ngusaba Desa dan Ngusaba Nini di pura puseh setempat tgl 15 oktober mendatang. Seusai melakukan persembahyangan Wabup Sanjaya juga  mengikuti upacara mendem pedagingan. RED-MB 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *