banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Menpan RB: Baru Empat Provinsi yang Dapat Nilai A

Asman Abnur
Asman Abnur
Kuta, (Metrobali.com) –
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur menegaskan jika dari seluruh daerah baru empat Pemerintah Daerah (Pemda) yang mendapat nilai A. Keempat provinsi tersebut seluruhnya berada di Pulau Jawa. “Untuk provinsi yang nilainya A ada empat yakni Jawa Timur, Jawa Barat, DIY, Jawa Tengah,” kata Asman di Kuta, Bali, Senin 11 September 2017. Sementara untuk pemerintah tingkat kabupaten/kota baru dua saja yang mendapatkannya, yakni Kabupatrn Banyuwangi dan Kota Bandung. “Yang lainnya belum mencapai great A. Kita berharap tidak usah A deh, minimum B saja sudah bagus,” harapnya.
 
Untuk menggenjot hal itu, Asman menarget tahun depan seluruh Pemda mendapat nilai B. Ia mengaku akan bekerja keras mewujudkan hal itu. “Tahun 2018 daerah itu minum dapat nilai Bagus. Itu target saya. Jadi sekarang kita kerja keras untuk mencapai itu,” katanya.
 
Untuk itu, Asman berharap banyak kepada Badan Sertifikasi Nasional (BSN) mendorong standarisasi dunia sebagaimana ditetapkan oleh ISO (International Organization for Standardization) agar diterapkan di Indonesia. 
“Sekarang, tadi dilaporkan, sudah banyak Pemda yang menggunakan sistem ini. Nanti tinggal tugasnya BSN mengevaluasi setiap sertifikasi yang dikeluarkan itu per-periodik. Tugas BSN makin besar dan berat. Soal insentif nanti kita fikiran,” ungkapnya. Ia memberikan garansi manajemen kinerja yang diterapkan oleh Pemda akan mendapatkan reward sepadan. “Bagi yang laporan kinerjanya mendapat nilai A kita akan berikan insentif daerah. Kita sudah sepakat dengan menteri keuangan. Sehingga, nanti daerah berpacu untuk memperbaiki laporan kinerjanya. Nanti perencanaan penganggaran, keuangan serta kinerja itu menjadi satu kesatuan, tidak dipisahkan. Sehingga, siapa yang mau dikasih uang itu berdasarkan beban kerjanya,” demikian Asman. (Laporan Bobby Andalan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *