banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Komunitas Pengayah Gema Perdamaian Gelar PapSmear Gratis di Desa Belantih Kintamani

 

Komunitas Pengayah Gema Perdamaian Gelar PapSmear Gratis di Desa Belantih Kintamani2

Komunitas Pengayah Gema Perdamaian Gelar PapSmear Gratis di Desa Belantih Kintamani, pada  Sabtu, 26 Agustus 2017

Bangli (Metrobali.com)-

Komunitas Pengayah Gema Perdamaian (KPGP) kembali menggelar aksi sosial sebagai wujud kepeduliannyakepada masyarakat. Kali ini menyasar warga Desa Belantih, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Pelayanan kesehatan di Desa Belantih ini digelar dua kali, pertama adalah Pemeriksaan Papsmear Gratis pada  Sabtu, 26 Agustus 2017 dan kedua, Pengobatan (Usada) Gratis pada 5 September depan. Kegiatan ini digelar serangkaian menyambut Hari Perdamaian Dunia, 21 September tahun ini dan acara rutin tahunan Gema Perdamaian XV yang puncaknya akan digelar pada Sabtu,  7  Oktober depan.

Untuk pemeriksaan Papsmear, sebanyak 40 orang warga datang ke posko pelayanan, namun yang memenuhi syarat untuk diperiksa hanya 28 orang. Pelayanan kesehatan dalam rangka Gema Perdamaian XV ini digelar atas kerjasama Komunitas Pengayah Gema Perdamaian (KPGP) dengan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), Paiketan Krama Bali, Puskesma III Kintamani, WHDI dan Akademi Hipnoterapi Indonesia. PKBI mendatangkan 5 orang tenaga medis untuk membantu pelayanan tenaga kesehatan dari pihak Panitia Gema Perdamaian.

Komunitas Pengayah Gema Perdamaian Gelar PapSmear Gratis di Desa Belantih Kintamani

Koordinator kegiatan pelayanan Kesehatan Gema Perdamaian XV, dokter Laksmi Duarsa mengaku senang dengan antusiasme warga Desa Belantih mendatangi posko pelayanan kesehatan. Pihaknya berharap kepada masyarakat agar meluangkan waktu mengikuti pemeriksaan Papsmear secara rutin sehingga terhindar dari penyakit kewanitaan untuk menuju keluarga sehat dan berkualitas.Pemeriksaan Papsmear  ini dihadiri oleh Kepala Puskesmas III Kintamani  I Wayan Wardana, Kelian Dusun Pangkung, Desa Belantih, I Wayan Sarwa. Sementara dari PKBI hadir memberikan pelayanan adalah Ninik Andrias, dr. DAA Kusuma Dewi dibantu bidan Desa Made Detrich Mahayani, Ni Luh Kadek Novi Purwati dan relawan KISARA Si Ngurah Made Dili Darma Yudha.

Komunitas Pengayah Gema Perdamaian Gelar PapSmear Gratis di Desa Belantih Kintamani1

Ketua Panitia Gema Perdamaian XV, IWayan Muliana Guntur didampingi Sekretaris Kadek Adnyana menyatakan, pengetahuan warga setempat tentang Papsmear sangat minim, hanya 2 orang dari 40 warga yang datang tahu apa itu Papsmear. Hampir seluruh warga belum mengetahui betapa pentingnya pemeriksaan Papsmear untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan. “Dari hasil survai, Kanker Servik merupakan pembunuh nomor 2 di Indonesia. Oleh karena itu Papsmear harus terus kita kampanyekan kepada para wanita agar menjaga kesehatan kewanitaannya. Melalui pengobatan garis yang digelar oleh Komunitas Pengayah Gema Perdamaian, kami terus mengkampanyekan betapa pentingnya Papsmear” ujar  I Wayan Muliana Guntur yang juga pegiat pariwisata Bali ini.

Pemeriksaan Papsmear dilanjutkan dengan sesi tanya jawab terkait dengan tujuan dan manfaat pemeriksaan Papsmear. Warga Desa Belantih sangat antusias mengikuti sesi tanya jawab terbukti dengan banyaknya pertanyaan yan diajukan oleh warga kepada para petugas kesehatan. Pemeriksaan Papsmear ini baru yang kedua kalinya dilaksanakan setelah sebelumnya digelar oleh pihak Askes. MER-MB

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *