banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Ratusan Pecinta Yoga Karangasem Ikuti Yoga Bersama

Dukung Program Pemerintah Realisasikan ‘Karangasem Spirit Of Bali
Yoga Masal
Ratusan Pecinta Yoga Karangasem saat mengikuti Yoga Bersama di Taman Budaya Chandra Bhuana, Minggu (20/8).
Karangasem (Metrobali.com)-
Ratusan peserta dari berbagai kalangan ikuti   ‘Yoga Bersama’, Minggu (20/8) di Taman Budaya  Chandra Bhuana yang diselenggarakan Rotary Club of Bali Tirtagangga bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem dan Ashram (Pasraman) diseluruh Kabupaten Karangasem. Yoga Bersama tersebut merupakan pertama kalinya dilaksanakan untuk mendukung program dari perintah Kabupaten dalam tagline ‘Karangasem Spirit Of Bali’ yang selama ini menjadi pedoman untuk memajukan kabupaten paling timur ini. Bahkan Yoga ini juga diharapkan mampu menunjang pariwisata di Karangasem melalui Pariwisata spiritual.
Ketua Komunitas Yoga Karangasem (KYK) yang baru terpilih, I Wayan Arsiawan Adi saat dikonfirmasi disela-sela kegiatan mengatakan, Yoga Bersama ini merupakan gagasan dari seluruh Ashram di Karangasem dimana selama ini tagline yang di buat Pemkab Karangasem yakni ‘Karangasem Spirit Of Bali’ sempat dipertanyakan. Jadi dari situlah gagasan muncul untuk membangkitkan dan mendukung program pemerintah baik melalui Budaya, pariwisata dan Spiritual dengan Yoga Bersama ini. Jadi dengan dasar Yoga bersama ini gerakan meyogakan masyarakat dan memasyarakatkan yoga Spirit Of Bali itu dapat direalisasikan.
“Kami selain mendukung pemerintah dalam merealisasikan selogan ‘Karangasem the Spirit Of Bali’ juga memberikan manfaat bagi pecinta Yoga untuk membangkitkan jiwa dengan Yoga dan Spiritual, bahkan Juga untuk bisa berfikir positif,” jelasnya.
Untuk itu kata Arsiawan, kegiatan Yoga Bersama ini merupakan awal dari mewujudkan masyarakat yang harmonis karena Yoga juga merupakan rangkaian spiritual yang dapat memberikan rasa senang dan tenang dalam jiwanya jika melakukan Yoga dengan sungguh-sungguh, sehingga kedepannya Arsiawan berharap Yoga ini dapat memberikan kontribusi untuk pariwisata melalui Pariwisata Spiritual.
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem, Wayan Astika dalam sambutannya mengatakan kegiatan Yoga Bersama ini merupakan salah satu wujud tag line Karangasem the spirit Of Bali, dan merupakan Bentuk nyata mendukung pemerintah dengan menggunakan Yoga. Menurutnya, karangasem merupakan daerah paling timur dengan berbagai tempat wisata yang dimiliki namun selama ini belum bisa menunjukan apa yang menjadi pedoman untuk memajukan Karangasem sebagai spiritnya Bali.
Dengan adanya Yoga Bersama tersebut menurut Astika, menjadi awal dari realisasi Karangasem the Spirit Of Bali. Bahkan tagline tersebut kata Astika, Karangasem bisa memiliki ciri khas sendiri seperti Indonesia yang memiliki tagline pesona Indonesia. Jadi Pihaknya sangat mendukung dan siap memfasilitasi kegiatan Yoga kedepannya. “Kami sangat mendukung dengan adanya Yoga Bersama ini. Karena dalam beberapa waktu sempat ditanyakan sebatas mana tagline Karangasem Spirit Of Bali, dan inilah bentuk dan wujud dukungan masyarakat. Maka dari itu, perlu adanya dukungan manusia, budaya dan spiritual serta teknologi untuk menguraikan makna spirit Of Bali itu. inilah bentuk nyata Spirit Of Bali,” jelasnya.
Dikatakan Astika, Yoga bukan saja Untuk merealisasikan perubahan dari bentuk ucapan, namun juga pikiran, dan perbuatan yang baik dalam bertindak. Sehingga tentunya rotary club yang menjadi pelaksana kegiatan ini dan Dinas pariwisata yang akan memfasilitasi karena memberikan dukungan kepada Karangasem spirit Of Bali. “Tentu kami berharap ini menjadi daya tarik juga bagi wisatawan dalam pariwisata spiritual. Jadi  kedepannya harapan kami hal-hal positif seperti ini harus terus mendapatkan dukungan,” ujarnya.
Sementara salah satu Pembina Ashram Shanta Chandra, I Gusti Made Mardika, yang juga ikut dalam Yoga tersebut mengatakan Yoga merupakan salah satu disiplin ilmu yang dapat memberi efek tenang, damai, bahagia, dan tentunya sehat jika di hayati dan dijiwai gerakannya, maka membangun badan lewat yoga dan prana sangat bagus bagi masyarakat untuk penyatuan gerak badan pikiran agar jiwa bisa seimbang. Sehingga jika itu bisa diterapkan oleh seluruh lapisan masyarakat maka Karangasem the Spirit Of Bali segera bisa terwujud.
Oleh karena itu menurut I Gusti Made Mardika, kegiatan Yoga Bersama ini sangat positif sehingga diharapkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dengan tingkatan kualitas dan kuantitas yang lebih baik. “Ini sangat bagus untuk dilakukan, sehingga kami juga dari kelompok spiritual mendukung penuh kegiatan positif ini. Sehingga tagline the Spirit Of Bali dapat kita wujudkan bersama,” tandasnya. Bahkan menurut Guru Spiritual ini, dalam kegiatan ini juga selain dapat memberikan efek positif rohani juga dapat menambah pertemanan sesama pecinta Yoga. MS-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *