banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Menangani 2.900 Pasien Bibir Sumbing,  YSB Merawat Pasien  dengan Gratis

Rumah Senyum

Yayasan Senyum Bali (YSB) saat merayakan HUT ke-12, Selasa (7/8) di rumah Yayasan Senyum Bali, Jln. Pulau Aru No.9 Denpasar.

Denpasar (Metrobali.com)-

Peran Yayasan Senyum bagi penyandang Bibir Sumbing sangatlah berarti. Namun, dalam pengelolaan jumlah asien yang jumlahnya ribuan, perlu ada organisasi yang mengurusnya. ‘’Di sini perlu organisasi yang serius yang mengurus pasien itu, bukan hanya mengurus anak-anak Indonesia tetapi di seluruh dunia,’’ kata Pendiri sekaligus Pembina Yayasan Senyum Bali (YSB) Mary Northmore, di rumah Singgah Yayasan Senyum Bali (YSB), Denpasar Senin (7/8).

Dikatakan, di seluruh dunia anak-anak lahir dengan bibir sumbing perbandingannya  1 per 600 orang anak-anak.  Dengan data tersebut, Yayasan Senyum merasa terpanggil untuk membantunya. Bantuan ini berbentuk bantuan sosial yakni menyebarkan dan mengabarkan kepada masyarakat di dunia  umumnya dan Bali (Indonesia) pada khususnya, bahwa Yayasan Senyum bisa  membantu secara medis dengan hasil yang terbaik dan teraman.

HUT Yayasan Senyum Bali

Ditambahkan,  di seluruh indonesia  Yayasan Senyum sudah menangani 2.900 pasien bukan hanya penyandang bibir sumbing tapi juga masalah cacat wajah  lainnya. Bantuan kepada pasien ini berasal dari Negara  Australia dalam bentuk nasehat dan memberikan pengetahuan tambahan bagi dokter-dokter di Indonesia dalam bidang menangani bibir sumbing.

‘’Pembelajaran itu, dalam bentuk transfer ilmu di mana pihak Australia mengundang dokter dokter di Indonesia untuk menjalani  training dalam menangani kasus bibir sumbing dan cacat bawaan lainnya. Mereka pada dokter belajar lebih lanjut untuk kasus yang lebih susah. Jadi sebelumnya kasus-kasus yang dikirim ke Australia, sekarang  bisa kita urus di sini,’’ kata Mary.

Dikatakan, jika kasusnya tidak bisa di tangani di Indonesia, maka akan di bawah ke luar. Mereka (baca: para asien) diberikan kesempatan untuk berobat di Australia dengan bantuan dari pemerintah Australia Selatan.

‘’Mereka tidak dikenakan biaya kecuali passport, visa, periksa medis, penerbangan. Misalnya nanti di sana sampai tiga sampai empat bulan, mereka selalu dapat bantuan, ada orang Indonesia yang tinggal disana,’’ kata ketua Yayasan Senyum Mary Northmore.

anak bibir sumbing

Pihaknya menyata bangga bahwa perkembangan rumah sakit di Bali sejak 12 tahun yang lalu sangat pesat.  ‘’Kita lihat rumah sakit di Bali ini kalau dibandingkan dengan 12 tahun yang lalu beda sekali. sekarang banyak ada ahli bedah plastic. Banyak ada rumah sakit yang bagus, karena kita tidak mau membahayakan pasien, kita harus percaya, kalau rumah sakitnya bagus qualitynya bagus,’ kata Mary dengan bersemangat.

Sejauh ini, kata Mary pasien datang dari seluruh Indonesia. Pasien kita datang dari NTT, dan apabila perlu mereka terbang ke sini untuk mendapat bantuan. Kalau kita bisa membawa dokter ke sana tentu akan lebih irit. Tetapi dengan catatan harus dengan banyak pasien di daerah tujuan.

Harapan ke depan? ‘’Saya sangat berterimakasih sekali kepada semua supporter, kita juga meminta bantuan kepada para media untuk mengabarkan kepada keluarga pasien yang belum tahu Yayasan sumbing bali, mereka telfon kita langsung dapat bantuan dan kita tidak menerima pembayaran sama sekali, tetapi mereka harus tau,’’ katanya.

Dikatakan, donaturnya berasal dari seluruh dunia. Dan, rumah singgah ini disumbangkan oleh donatur dari Belanda. Operasi bibir sumbing ini, katanya mendapat bantuan dari salah satu yayasan dari Amerika Serikat.  ‘’Hotel-hotel dan sejumlah rumah sakit di Bali  juga ada yang membantu dalam rangka penanganan bibir sumbing,’’ katanya.

Untuk menjalankan pelayanan, YSB memiliki Rumah Senyum yang dijadikan sebagai kantor sekaligus rumah singgah bagi para pasien yang datang dari jauh. Alamat Rumah Senyum di Jln. Pulau Aru No.9 Sanglah Denpasar, Bali. Untuk memberi pelayanan yang maksimal, YSB memiliki staf lapangan di Kota Singaraja, Kabupaten Maumere, Flores.  RED-MB

One Response to Menangani 2.900 Pasien Bibir Sumbing,  YSB Merawat Pasien  dengan Gratis

  1. Smile Team Reply

    August 10, 2017 at 4:42 PM

    Yayasan Senyum Bali mengucapkan terima kasih banyak atas kehadiran dan partisipasi dari tim Redaksi Metro Bali pada acara ulang tahun yayasan yang ke-12.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *