banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Pemkab. Karangasem Ngaturang Bhakti Pujawali Di Pura Mandara Giri

Bakti Penganyar1

 

Karangasem (Metrobali.com)-

Pemerintah Kabupaten Karangasem Ngaturang Bhakti Puncak Pujawali dan Bhakti Penganyar Pujawali di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Desa Senduro, Lumajang, Jatim. Rangkaian Karya Pujawali di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Desa Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur tahun 2017 dengan Prosesi Puncak Karya Pujawali berlangsung Rahina Saniscara Wage Prangbakat/Purnama Kasa  (Sabtu, 8 Juli 2017) dan Bhakti Penganyar pada Rahina Redite Kliwon Bala, Minggu, 9 Juli 2017.

Bhakti Puncak Pujawali dan Bhakti Penganyar Pujawali dipimpin Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa beserta Ny. Sarini Artha Dipa dan Ketua DPRD Karangasem I Nengah Sumardi. Turut mendampingi Sekdakab. I Gede Adnya Mulyadi beserta Ibu, Bhakti Puncak Pujawali dan Penganyar yang dipasilitasi Bagian Kesra Setda Kab. Karangasem ini, juga diikuti Para Asisten dan Staf Ahli Bupati serta seluruh Kepala OPD beserta Staf dijajaran Pemkab. Karangasem, Tampak hadir mantan Bupati Karangasem I Wayan Geredeg beserta Ibu. Karya Pujawali berlangsung 11 hari, dan pada Buda Pon Ugu (Rabo, 19 Juli 2017) yang akan datang prosesi Penyineban. Minggu (9/7/2017).

Pada saat berlangsungnya puncak pujawali dan bhakti penganyar pujawali umat Hindu Suku Tengger turun gunung dan umat Hindu dari Balipun ikut bersama untuk mengikuti upacara pujawali. Bhakti Puncak Pujawali dan Penganyar itu diawali menghaturkan Pecaruan Agung di halaman Pura yang dilanjutkan dengan menghaturkan bebantenan kepada Ida Bhatara yang berstana di Pura Mandara Giri Semeru Agung agar diberikan anugrah, kedamaian dan keselamatan.

bakti penganyar2 (2)

Menjelang pukul 10.00 Wib, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa beserta yang lainnya berbaur dengan masyarakat melaksanakan pemuspaan Bhakti Pujawali bersama yang diawali dengan Puja Tri Sandya, lanjut Pemuspaan 3 kali yang berlangsung kusyuk dan hikmat yang dipuput Ida Pedanda Ngenjung, Ida pedanda Mas Dwija Putra Baturiti, Ida Pedanda Buda Gunung Sari, Dukun Pandita Tengger, Ida Pedanda Pucung keniten Batuan dan Ida Pedanda Buda Jelantik Dwaja. Setelah persembahyangan bersama dilanjutkan dengan ngelungsur tirta lan bija.  Prosesi ini juga diiringi berbagi tarian, tari rejang, tari baris gede dari sejumlah para seniman dan wayan bedog/lemah yang ditutup dengan tari Topeng Sidakarya.

Kabag Kesra Setda Kab. Karangasem I Gede Basma mengatakan kegiatan ngaturang Bhakti  Pujawali di Pura Mandara Giri Semeru Agung merupakan rangkaian dari kewajiban Pemerintah Kabupaten Karangasem dalam memperkokoh spiritual umat melalui pelaksanaan ritual keagamaan.

Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa selepas pemuspaan mengatakan, kegiatan Bhakti Pujawali  di Pura Mandara Giri Semeru Agung ini sebagai bentuk wujud sradha bhakti sebagai umat hindu untuk mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa atas karunia yang diberikan, dengan tujuan mendoakan terciptanya kerahayuan jagat agar terhindar dari kali sengara lara roga seperti bencana alam serta berbagai bentuk penderitaan duniawi serta mensucikan bhuana agung dan bhuana alit agar senantiasa diberikan karunianya kepada umat manusia.

“Kegiatan bhakti pujawali dengan pemuspaan bersama ini untuk meningkatkan sradha bhakti kita kepada sang pencipta, serta sebagai wujud bhakti umat kehadapan Ida Bhatara dan Bhatari, utamanya Ida Bhatara dan Bhatari yang ber-stana di Pura Mandara Giri Semeru Agung, serta diharapkan mampu menciptakan kesejahteraan dan kerahayuan jagat serta  memberikan kedamaian bagi masyarakat khususnya masyarakat Bali,”ucapnya.

Seusai Pemuspaan bersama, Wabup Artha Dipa menghaturkan sarin canang yang diterima bendahara panitia I Made Jabur. RED-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *