banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Asparagus Badung Tembus Pasar Ekspor dan Terbaik di Asia

Badung Kembali Gelar Festival Asparagus
buka festival asparagus
 Sekda Wayan Adi Arnawa memukul gong sebagai tanda dibukanya Festival Asparagus di Koperasi Tani Mertanadi, Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kamis (15/6).
Mangupura (Metrobali.com)-
Kabupaten Badung sangat terkenal dengan pariwisatanya, namun dibalik itu Badung juga menyimpan potensi unggulan yang mungkin tidak dimiliki daerah lain yaitu asparagus yang telah menjadi ikonnya Badung. Asparagus  merupakan komoditi pertanian berupa sayuran yang sekarang ini sedang menggeliat di badung utara tepatnya di Desa Pelaga dan Belok Sidan, Kecamatan Petang. Dikembangkan sejak 2010, kini mampu berkembang dan telah menembus pasar ekspor. Yang lebih membanggakan asparagus dari petani Pelaga ini merupakan asparagus terbaik di Asia. Guna mengembangkan produk asparagus ini, Pemkab Badung terus mendukung dan mendampingi petani. Salah satu upaya yang dilakukan dengan kembali menggelar Festival Asparagus di Koperasi Tani Mertanadi, Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kamis (15/6). Festival Asparagus dibuka Bupati Badung diwakili Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, SH ditandai pemukulan gong. Acara tersebut dihadiri Ketua Komisi II DPRD Badung I Nyoman Dirgayusa, Kepala Litbang Badung I Wayan Suambara, Kadis Pertanian IGAK Sudaratmaja, Kadiskop, UKM dan Perdagangan I Ketut Karpiana, Staf Ahli Dessy Dharmayanti, Ketua TP PKK Badung Ny. Seniasih Giri Prasta, dan sejumlah pimpinan perangkat daerah terkait di lingkungan Pemkab. Badung.
kunjungi stand 2
Sekda Badung Adi Arnawa merasa bangga, karena ternyata dibalik kabupaten badung sebagai daerah pariwisata, menyimpan satu potensi yang luar biasa yaitu asparagus yang memiliki kualitas tinggi dan mampu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. Terhadap kondisi ini, tentu pemerintah akan terus menberikan pendampingan, terutama instansi terkait untuk selalu fokus memberikan atensi sehingga potensi ini benar-benar mampu berbicara di skala nasional bahkan internasional. “Kami harapkan kedepan, paradigma generasi harus bekerja sebagai PNS, di hotel, 10 tahun kedepan kalau benar-benar potensi ini dikelola dengan baik bukan tidak mungkin yang di kota akan kembali kedesanya untuk menjadi petani modern, petani asparagus. Ini juga akan memberikan kontribusi kepada daerah dan negara, karena sudah berkualitas ekspor,” katanya. Dengan festival ini kita ingin menunjukkan kepada para buyer, negara bahkan dunia, bahwa Badung memiliki potensi luar biasa dibidang pertanian terutama asparagus.
Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Ketut Karpiana melaporkan, program pengembangan produk unggulan di badung dengan pendekatan OVOP (One Village One Product) dengan komoditi asparagus melalui Koperasi Tani Mertanadi sudah berjalan sejak tahun 2010. Dalam pengembangan asparagus mulai dari cara tanam dan pemasaran mendapat pendampingan dari Taiwan. Dari tahun ke tahun asparagus mampu berkembang, baik lahan maupun penghasilan petani. Untuk lahan asparagus yang sudah dikembangkan sekarang sudah mencapai 60 ha, tersebar di Desa Pelaga dan Belok Sidan. Penghasilan petani rata-rata per hari mencapai 800 hingga 1,5 juta. “Penghasilan petani asparagus yang tergabung dalam koperasi tani mertanadi ini terus mengalami peningkatan,” tambahnya. Dijelaskan, pasca kerjasama dengan Taiwan, kini petani sudah bisa menanam asparagus dengan baik, menyemai sendiri, sementara bibitnya dibantu pemerintah membeli di Amerika.
Ditambahkan, tujuan dari festival asparagus adalah untuk mensosialisasikan lebih luas lagi bagaimana perkembangan asparagus agar mampu lebih ditingkatkan baik dari segi lahan maupun jumlah petani asparagus. Sehingga kedepan diharapkan petani dapat memenuhi permintaan para buyer, karena saat ini belum mampu dipenuhi. Dalam Festival Asparagus menyajikan berbagai kegiatan yang melibatkan kelompok tani dari seluruh banjar di Desa Pelaga dan Desa Belok Sidan serta siswa SMK Pertanian Petang. Diantaranya demo memasak asparagus, lomba asparagus terpajang, lomba asparagus jumbo,lomba makan asparagus, lomba masak asparagus, lomba putra putri asparagus dan buyer asparagus terbaik. RED-MB
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *