banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Nelayan Keluhkan Pengurusan SIPI

Nelayan bertemu DPRD Jembrana

Jembrana (Metrobali.com)-
Sejumlah nelayan purse seine atau selerek di Kabupaten Jembrana mengeluhkan pengurusan perpanjangan Surat Izin Penangkapan Ikan  (SIPI) di Provinsi.
Keluhan tersebut disampaikan saat bertatap muka dengan Komisi II DPRD Bali, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali dan Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan Jembrana serta Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Jembrana di PPN Pengambengan, Jumat (19/5).
“Untuk kapal berbobot 10 sampai 30 GT bisa sampai 3 bulan. Sementara perahu harus melaut” ujar Wayan Sudiarsana Yoga, Sekretaris HNSI, Jembrana.
Akan kondisi tersebut ia pun meminta agas dicarikan solusi. Apalagi tahun 2017 ini ada penambahan syarat dalam perpanjangan seperti, buku kapal, surat ukur dan gross akta.
Ia mengaku senang bisa sharing dengan anggota Komisi II DPRD Bali. Pasalnya selama ini ia kesulitan untuk bisa bertemu dengan anggota DPRD Jembrana.
“Tanggal 30 Maret kami mengajukan surat untuk audensi. Tapi sampai sekarang belum ada jawaban” keluhnya.
Ia juga mempertanyakan peruntukan bantuan subsidi BBM yang sebagian besar nelayan belum memahaminya. Sementara di Jembrana menurutnya saat ini ada sekitar 120 perahu purse seine atau selerek.
Terkait hal tersebut Ketua Komisi II DPRD Bali, Ketut Suwandhi mengatakan bantuan subsidi BBM hanya diperuntukan untuk kapal nelayan dibawah 30 GT.
Made Suardana, anggota Komisi II DPRD Bali lainnya meminta agar instansi terkait bisa lebih serius menangani polemik ini dan segera mencarikan solusi supaya tidak menghambat nelayan dalam mencari nafkah.
Sementara itu, Agung Sumantri dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali mengatakan pemerintah berupaya sebaik mungkin dalam melayani kebutuhan nelayan.
Apabila memang benar surat izin sedang dalam proses, pemerintah siap memfasilitasi dengan memberikan surat rekomendasi jalan. MT-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *