banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Eksekutif Diminta Serius Tertibkan Prangkat Desa “Berpolitik”

Jembrana (Metrobali.com)-

Anggota DPRD Jembrana mendesak Eksekutif untuk lebih serius menertibkan Perangkat Desa dan Perbekel yang merangkap menjadi pengurus partai atau berpolitik praktis.

Desakan tersebut dituangkan dalam bentuk rekomendasi dari 24 rekomendasi dan disampaikan dalam Sidang Paripurna Istimewa terkait LKPJ Bupati Jembrana tahun 2016 di gedung DPRD Jembrana, Selasa (16/5) lalu.

Kendati tidak menyebut secara gamblang, namun dewan menilai permasalahan tersebut masih ada. “Masalah ini ada. Saya harap Eksekutif bisa lebih serius menangannya” ujar Wakil Ketua DPRD Jembrana Kade Darma Susila.

Menurutnya, sesuai dengan UU 6 Tahun 2014 tentang Desa, pada Pasal 29 dan Pasal 51 huruf g, Kepala Desa dan Perangkat Desa dilarang menjadi pengurus partai politik.

Jika masalah tersebut karena kekurangpahaman Perangkat Desa maupun Perbekel terhadap isi undang-undang dan peraturanya, ia meminta untuk segera dicarikan solusi. Seperti melakukan sosialisasi kembali, pendidikan dan pelatihan sampai terkahir pada upaya penegakan hukum.

“Melaui SE tidak cukup, akan lebih bagus jika diberikan pilihan, Tetap menjadi Perbekel dan Perangkat Desa atau menjadi pengurus parpol” tandasnya. MT-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *