banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Ali Adriansyah Berhasil Meraih Poin Perdananya Di Imola

Foto 1 (21)

JAKARTA (Metrobali.com)

Pebalap Muda berbakat Indonesia, Ali Adriansyah Rusmiputro baru saja menjalani putaran ketiga pada ajang balap dunia World Supersport 300 yang telah berlangsung di Sirkuit Imola, Italia pada Minggu (14/5) kemarin. Kerja keras yang telah dilakukan Adrian beserta tim Pertamina Almeria Racing Team, membuahkan hasil yang positif. Adrian berhasil memperoleh poin perdananya setelah menyelesaikan balapan di urutan ke 14 dari 37 pebalap yang ikut serta.

Saat menjalani sesi latihan bebas pertama, catatan waktu terbaik Adrian adalah 2 menit 16 detik. Setelah itu ia bersama tim mulai melakukan evaluasi agar mendapat hasil yang jauh lebih baik di lintasan yang dihadapinya. Dengan melakukan beberapa set up pada sistem elektronik motor, Adrian dapat tampil lebih kompetitif di sesi latihan bebas kedua. Catatan waktunya membaik hingga kurang lebih 2 detik, dimana perolehan waktu terbaiknya menjadi 2 menit 13,919 detik.

Hasil itu membuat Adrian lebih percaya diri dan optimis terhadap kemampuannya. Adrian dan pelatihnya kembali melakukan improvisasi dengan mengubah mappingECU (Electronic Control Unit) pada motornya agar performa Adrian dapat lebih agresif lagi. Namun saat melakukan sesi kualifikasi ia merasakan sedikit permasalahan pada motornya, ketika berada di tikungan dan saat ia membuka gasnya secara perlahan limit motornya menurun. Hal itu membuat perolehan waktu terbaiknya menjadi hanya 2 menit 14,799 detik dan terpaksa harus start dari posisi ke 26.

Hal tersebut tidak mematahkan Semangat Merah Putih (#semeru) yang dimiliki oleh Adrian, ia merasa bahwa pada balapan kali ini ia memiliki potensi yang besar untuk meraih poin. Maturana selaku pelatih balap Adrian mengungkapkan bahwa persiapan dan strategi kali ini lebih maksimal. “Pada balapan kali ini yang diperlukan hanyalah confidence serta fokus, yang tahu kondisi di lintasan hanya Adrian. Strategi kami dari awal hanyalah melaju secepat mungkin sejak start, dan melakukan attackpada pebalap yang ada di depan”, ujar Maturana.

Selepas start, Adrian yang berada di posisi ke 26 langsung berusaha melesat ke depan, tikungan pertama dapat dilaluinya dengan baik dan saat itu ia sudah berhasil menduduki urutan ke 22. Hanya membutuhkan satu lap Adrian berhasil berada di posisi 17, setelah sempat sedikit mendapat perlawanan dari Kimi Patova. Kemudian setelah memasuki lap ke 2, Adrian maju ke posisi 16. Ia mulai menguasai ritme balapnya, dan saat memasuki 3 lap terakhir ia sempat berhasil menyusul pebalap asal Belanda, Scott Deroue. Selain itu Adrian juga mendapat tekanan dari pebalap lainnya, sehingga ia sempat sedikit bersenggolan dan merasakan sedikit slide pada ban depannya. Namun konsistensi Adrian membuahkan hasil, ia pun berhasil lepas dan menyusul pebalap lain yaitu Alex Murley dan dapat bertahan di posisi 14 hingga bendera finish dikibarkan.

“Dari awal start saya sempat melihat ada 2 sampai 3 rider yang terjatuh, fokus saya hanya bisa menyusul pebalap yang berada di depan saya saat itu. Pokoknya ada pebalap di depan harus saya susul. Pada akhirnya saya mendapatkan lap time yang bagus dan bisa terus melaju, Alhamdulillah sudah dapat confidencenya, ritme dengan motor juga semakin baik. Insya Allah race berikutnya juga bisa lebih baik lagi”, tutur Adrian.

Atas hasil tersebut, Adrian beserta tim cukup senang dengan perolehannya kali ini. David Garcia selaku manajer Pertamina Almeria Racing Team mengatakan “Adrian telah menunjukkan bahwa ia sudah berkembang dengan baik dan berhasil mendapatkan 2 poin perdananya. Hal itu cukup baik untuknya, ia pun dapat melakukan fight race dengan pebalap hebat lainnya. Dan terlihat ia semakin nyaman dengan motor Yamaha YZF-R3 yang ditungganginya. Bahkan best time yang ia dapat lebih baik dari latihan bebas dan kualifikasi, yaitu 2 menit 12,641 detik. Saya cukup senang dan tidak sabar untuk melihat penampilan Adrian selanjutnya”

Berikutnya, Ali Adriansyah bersama Pertamina Almeria Racing Team dengan dukungan penuh PT. Pertamina (Persero) akan kembali balapan di putaran keempat ajang World Supersport 300 yang akan berlangsung di Sirkuit Donington Park, United Kingdom pada 26 hingga 28 Mei 2017 mendatang. RED-MB 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *