banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

360 Mobil Kuno akan Berkonvoi Sepanjang 100 kilometer

Kegiatan ini Ingin Tercatat di MURI

Poto bersama panitia Touring Mobil Kuno Terbesar usai menggelar jumpa pers, Senin

Poto bersama panitia Touring Mobil Kuno Terbesar usai menggelar jumpa pers, Senin (17/4) di Sawah Vintage Cars

Denpasar (Metrobali.com)-

PPMKI (Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia) Pengda Bali memasuki usianya ke-12 tahun ini sekaligus memperingati HUT tersebut akan menggelar touring yang melibatkan sedikitnya 360 mobil kuno  yang ada di Bali. Touring  yang akan digelar Minggu (23/4/2017) rencananya dilepas Kapolda Bali Irjen Petrus Golose dan dihadiri Pengurus PPMKI Pusat serta pihak terkait. Rute yang ditempuh dengan start dari Lotte Mart  yang akan menyusuri Jalan By-Pass IB Mantra menuju Klungkung-Taman Nusa Gianyar dan kembali ke Denpasar dengan menempuh jarak sekitar 60 KM.

Touring ini diprediksi menjadi ajang terbesar di event sejenis yang pernah terlaksana selama ini.  “Kami prediksi ini merupakan touring mobil kuno yang terbanyak pesertanya yang pernah terselenggara selama ini,” ujar Penasihat PPMKI Bali Yos Darmawan dan dr. Bagus  Darmayasa dalam jumpa pers Senin (17/4/2017) serangkaian event Touring Mobil Kuno sekaligus HUT ke-12 PPMKI Bali di Sawah Vintage Cars. Berharap pula bahwa kegiatan ini ingin dicatat oleh MURI sebagai peserta terbanyak pada touring mobil Kuno ini.

Sesuai dengan tema “Save Our Culture & Vintage Cars”, menurut Yos Darmawan , kegiatan ini selain sarat dengan muatan pelestarian budaya juga diisi dengan kegiatan sosial berupa pemberian bantuan ke panti asuhan dan panti jompo di Gianyar  serta diharapkan bisa mecahkan rekor MURI. “Karena itu kami mencoba menghubungi pihak Museum MURI agar event ini bisa tercatat di Museum MURI,” tambah Yos Darmawan yang saat ini mengoleksi ratusan mobil kuno di garasinya tersebut.

Menyangkut mobil kuno yang akan terjun dalam even ini menurut Yos rata-rata usianya cukup tua  yakni mulai yang keluaran tahun 1934 hingga di bawah tahun 80-an. Namun kendaraan tersebut diyakini kondisinya laik jalan karena mendapat perawatan cukup baik.  Sementara Ketua PPMKI Bali dr. Mahayasa mengatakan touring ini sudah disiapkan dengan matang baik menyangkut keandalan kendaraan selama di perjalanan juga keamanan dengan mendapat dukungan dari Ditlantas Polda Bali.

Peserta yang diprediksi akan melibatkan sekitar 900 orang personil  baik dari PPMKI maupun klub-klub  otomotif ini juga nantinya akan menikmati keindahan dan wisata di Taman Nusa yang ikut mendukung event ini.  Ditambahkan  dr. Mahayasa event ini digelar dilatar belakangi dengan keinginan menjaga dan melestarikan peninggalan budaya dan juga mobil-mobil yang punya nilai sejarah.

“Kehadiran mobil-mobil klasik kuno di Bali ini sangat luar biasa berkembangnya, dan mereka tergabung dalam klub-klub otomotif yang sangat aktif dan juga peduli dengan masalah ketertiban dan keselamatan dalam berkendara,” ujarnya. Terkait keberadaan mobil-mobil yang terkategori sudah tua ini, pihaknya selalu mengambil aktivitas secara berkala sehingga tak setiap hari seliweran di jalan. “Kami selalu repair dan menjaga supaya mobil-mobil kami layak jalan dan kami juga berharap mobil-mobil ini bisa menambah nilai pariwisata di daerah ini. Touring juga dilengkapi dengan ambulans dan tim dokter,” ujarnya. RED-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *