banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

5 Tips Efektif Atasi Stress Di Tempat Kerja

stressJakarta (Metrobali.com)

Baru-baru ini publik dikejutkan dengan bunuh diri yang dilakukan oleh manager JKT 48, Inao Jiro. Warga negara Jepang ini ditemukan tewas gantung diri di rumahnya. Polisi mengatakan motif bunuh diri Jiro adalah karena beban kerja yang terlalu berat. Melihat dari kasus ini, motif bunuh diri sering kali dikaitkan dengan depresi dan sebagian besar kasus gangguan mental atau depresi berasal dari lingkungan kerja. Beberapa penyebab dari masalah stres di tempat kerja adalah persaingan, budaya politik kantor, harapan yang tinggi, serta tekanan deadline.

Berikut beberapa cara mudah namun efektif untuk mengatasi stres di tempat kerja menurut Shipra Dawar, pendiri ePsyclinic seperti dilansir oleh Ndtv.

1. Ambil Istirahat Sejenak
Anda baru di tempat kerja dan mengalami masa percobaan? Ini adalah fase yang paling penting untuk membuktikan kemampuan dan kinerja di tempat kerja, sehingga kerap kali Anda berurusan dengan stress yang melekat untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Meskipun membuktikan nilai Anda pada organisasi adalah sebuah kebutuhan, tak perlu berubah untuk menjadi seseorang yang sangat pekerja keras. Kalahkan stress dengan istirahat sejenak dan berinteraksi dengan rekan kerja Anda. Cobalah untuk terlibat dalam percakapan informal atau mencari tahu tentang tempat hang-out terdekat, agar kehidupan sosial dan pekerjaan berjalan seimbang.

2. Persaingan Sehat
Setiap organisasi memiliki kebiasaan masing-masing dalam pekerjaan, atau sering disebut politik di tempat kerja. Sangat ideal untuk menjauh dari segala jenis politik di tempat kerja. Terlibat dalam persaingan yang sehat adalah jalan yang terbaik, yang juga dapat membantu Anda bekerja tanpa menghambat hubungan antar pribadi. Bangun hubungan yang kuat dengan rekan kerja dan belajar lebih berguna dalam tim. Dengan cara ini, Anda akan muncul sebagai tokoh yang ramah tanpa menyinggung siapapun.

3. Berfikir Positif Untuk Mengatasi Rasa Takut
Takut membuat kesalahan dalam sebuah organisasi adalah hal wajar, tapi terlalu banyak ketakutan hanya akan membunuh motivasi untuk mencapai tujuan. Ketakutan yang berlebihan atau perfeksionis secara tidak sadar bisa membuat hasil malah kurang maksimal. Tetap tenang, belajar menerima kesalahan dan berpegang teguh pada iman dalam diri Anda. Berpikir positif akan membantu Anda untuk mengatasi segala jenis ketakutan.

4. Memulai Percakapan
Hari-hari awal di tempat kerja mungkin sulit karena Anda merasa diabaikan atau terisolasi. Namun cara terbaik untuk menghindari perasaan seperti itu adalah memulai percakapan kecil dan memecah keheningan. Anda bisa mulai dengan ucapan selamat pagi dan kemudian memiliki percapakan santai. Secara bertahap pembicaraan akan mengarah ke diskusi acak tentang suatu peristiwa atau isu tertentu. Hal tersebut dapat menjaga suasana di sekitar Anda tetap menyenangkan dan ramah.

5. Bicarakan Dengan Manajemen
Setiap organisasi memiliki aturan dan peraturan yang harus dipatuhi oleh setiap karyawan. Bahkan jika Anda tidak setuju dengan kondisi tertentu, Anda tidak dapat meminta untuk diperlakukan berbeda atau mengabaikan norma-norma yang ditetapkan. Dalam kasus ini, bagaimanapun ada kondisi tertentu atau unsur dalam lingkungan kerja yang sangat mengganggu Anda, lebih baik untuk membicarakannya dengan manajemen yang akan membantu Anda dan mencoba untuk mencari tahu alternatif penyelesaian yang layak. Sumber : Wolipop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *