banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

4 Cara Efektif Mengurangi Tampilan Stretchmark pada Kulit

strech markJakarta (Metrobali.com) –

Tidak semua wanita pernah memiliki stretchmark. Namun, sekali stretchmark muncul, sebagian besar wanita merasa risih, bahkan malu dan ingin segera menghilangkannya. Sayangnya, belum ada perawatan yang bisa secara total menghilangkan kondisi kulit seperti ini.

Zakiya P. Rice, seorang asisten profesor sekaligus pemimpin di Dermatology Clinical Trials Unit di Emory University School of Medicine, Atlanta, Georgia, menyetujuinya dengan mengatakan bahwa stretchmark merupakan bentuk perubahan molekul yang permanen di kulit sehingga tidak bisa dikembalikan ke bentuk semula.

Meski tidak bisa dihilangkan secara total, Anda bisa mengurangi tampilannya menjadi lebih halus. Ini empat cara terbaik mengurangi tampilan stretchmark yang bisa Anda lakukan, seperti dikutip dari Allure.

1. Menggunakan Pelembap
Cara paling mudah dan sudah menjadi rutinitas harian Anda adalah dengan menggunakan pelembab. Kulit yang lembab bisa didapatkan dengan menggunakan body lotion, body butter, body cream, hingga body oil yang bisa memberikan ‘gizi’ dan memelihara kelembapan alami pada kulit. Dengan kulit yang lembab, kemerahan dan peradangan yang bisa memperjelas stretchmark akan berkurang.

2. Gunakan Sarung Tangan Khusus
Bukan tubuh yang menggunakan sarung tangan, tetapi sarung tangan digunakan untuk mengaplikasikan pelembap pada tubuh. Pakar estetika asal Dallas, Texas, Joanna Czech, menyarankan untuk melakukan perawatan ini sesegera mungkin, khususnya bagi para calon ibu. Gunakan sarung tangan pijat untuk mengoleskan pelembab pada tubuh. Jadikin ini sebagai rutinitas harian yang bisa Anda lakukan di rumah.

3. Pakai Perawatan Topikal
Cara lain untuk mengurangi tampilan stretchmark pada kulit adalah dengan menggunakan perawatan topikal yang bisa menstimulasi produksi kolagen. Produksi kolagen yang meningkat akan membuat kulit di sekitar stretchmark kembali ‘normal’ dan tampilan stretchmark juga makin berkurang. Salah satu perawatan topikal yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan retinol. Retinol diaplikasikan secara topikal sehingga bisa memacu regenerasi kulit.

4. Perawatan Laser
Jika ingin hasil yang lebih maksimal, Anda bisa melakukan perawatan laser sebagai opsi terakhir. Joshua Zeichner, seorang dermatologist asal New York, menjelaskan bahwa stretchmark yang baru saja muncul biasanya berwarna kemerahan dan laser adalah bentuk perawatan yang langsung menargetkan pada kemerahan hingga peradangan pada kulit. Meskipun hanya sementara, setidaknya perawatan ini bisa mengurangi kemerahan yang berlebihan pada stretchmark baru. Perawatan laser biasa mungkin hanya mengurangi tampilannya, namun saat ini sudah ada perawatan laser baru, yaitu laser Fraxel yang membuat lubang mikroskopis pada kulit untuk diberikan kolagen baru. Sumber : Wolipop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *