banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

9 Kesalahan Pakai Makeup yang Buat Wajah Tampak Tua

make up 1Jakarta (Metrobali.com)-

 

Penuaan memang merupakan fase yang pasti terjadi dan tak dapat dihindari. Namun, sebagian besar wanita lebih suka bila terlihat lebih muda dari umur yang sebenarnya. Berbagai trik dilakukan, dari melakukan perawatan secara berkala, skincare harian yang memperlambat efek penuaan, hingga memakai riasan yang membuat wajah tampak lebih muda.

Untuk trik yang terakhir, wanita biasanya ingin terlihat tampak lebih muda sekalipun ia sedang mengenakan makeup lengkap. Teknik berdandan memang tidak sepenuhnya bisa dilakukan oleh wanita di semua kalangan usia karena kulit akan mengalami perubahan setiap tahun. Alih-alih terlihat lebih muda, kesalahan teknik seperti di bawah ini bisa membuat Anda lebih tua.

1. Foundation Tak Sesuai Jenis Kulit

foundation via: dailymoslem

Tidak memakai foundation akan membuat warna kulit tidak rata. Namun, memakai foundation terlalu berat juga akan memperjelas garis-garis halus dan kerutan di wajah sehingga semakin memperlihatkan kondisi kulit yang menua. The List merekomendasikan Anda untuk menggunakan foundation yang mampu menutupi kekurangan wajah tanpa membuat riasan terlihat cakey. Biasanya kulit wanita terlihat kering ketika usia semakin bertambah. Jika seperti ini kasusnya, Anda lebih baik memilih foundation cair, krim, atau bahkan tinted moisturizer. Selain jenis, warna juga patut untuk diperhatikan. Warna yang biasa Anda pakai saat kuliah atau bekerja belum tentu bisa Anda pakai beberapa tahun kemudian.

 

 

2. Blush On Cokelat

blush onvia : Merdeka

Kesalahan terjadi jika Anda mengaplikasikan blush on terlalu tebal atau terlalu sedikit, hingga salah pilih warna. Cara yang kerap direkomendasikan untuk memilih warna blush on yang tepat adalah dengan mencubit pipi Anda dan cari warna yang sama dengan cubitan tersebut. Hindari memakai warna yang terlalu cokelat atau merah karena jatuhnya akan terlihat kusam. Kemudian pilih blush on jenis krim karena jenis tabur bisa memperjelas garis halus dan kerutan. Untuk memberikan efek tampak muda, aplikasikan blush on di pipi kemudian usap ke atas (ke arah tulang pipi) dengan rata.

3. Eyeliner Hitam di Bawah Mata

eye linervia: divinecaroline.com

Menggunakan eyeliner hitam di garis kelopak mata bawah membuat wajah tampak lebih tua karena memperjelas kerutan di sekitar mata. Pilih warna-warna netral, seperti putih, nude, atau cokelat gelap di bawah matae. Aplikasikan warna putih atau nude di area waterline untuk riasan no-makeup look. Kalau ingin menggunakan yang lebih gelap, pilih warna cokelat tua dari eyeshadow dan baurkan ke arah sudut garis kelopak mata bawah. Hindari memakai eyeliner jenis gel untuk teknik ini. Anda bisa membasahi angled brush yang dipakai untuk memudahkan pengaplikasian.

4. Alis Tegas

alis 1via : Log Viva

Semakin berumur, alis manusia semakin menipis karena alis juga bisa mengalami kerontokan. Untuk mengisi alis yang mulai menipis, gunakan eyebrow powder untuk menambah ketebalan dengan mudah. Mungkin eyebrow cream lebih baik dalam hal warna, namun ini bisa membuat garis yang dibentuk terlalu kaku. Hindari membentuk alis yang terlalu tajam atau tegas. Anda lebih baik hanya meninggikan sedikit dari bagian atas alis, bukan dari bawah. Aplikasikan dengan lembut dan tipis-tipis. Dengan teknik dan warna yang tepat, alis akan membuat wajah Anda lebih muda.

5. Lipstik Gelap

dark lipstikvi : Pinterest

Bibir akan semakin terlihat menipis seiring bertambahnya usia. Mungkin sesekali memakai lipstik warna gelap tidak apa-apa, namun hindari jika Anda ingin terlihat lebih muda setiap harinya. Gunakan warna-warna soft dengan tekstur glossy atau sheer. Ini akan memudarkan garis di sekitar bibir dan membuat bibir tampak lebih lembab dan tebal. Jika Anda adalah penggemar lipliner, gunakan warna-warna netral yang sedikit lebih gelap dari warna alami bibir Anda kemudian baurkan dengan warna lipstik yang digunakan.

6. Bedak Tabur

BEDAK TABURvia : Okezone Lifestyle

Seperti yang sering disebutkan dalam poin-poin sebelumnya, jenis powder bisa memperjelas garis dan kerutan di wajah. Semakin bertambah usia Anda, wajah akan memproduksi sedikit minyak sehingga kulit menjadi cenderung kering. Gunakan setting spray daripada bedak tabur untuk membuat riasan Anda tahan lama.

7. Eyeshadow Warna Terang

eyesadowvia : Pinterest

Warna-warna eyeshadow yang terang mungkin terlihat seru untuk digunakan saat mencoba gaya riasan baru. Namun, hindari menggunakan warna-warna biru, hijau, atau ungu yang bisa memperjelas ciri-ciri penuaan pada wajah. Anda lebih baik sering menggunakan warna netral atau warna yang lebih gelap, misalnya biru tua atau hijau tua.

8. Maskara di Bulu Mata Bawah

mascara 1via : EcoWatch

Sama seperti eyeliner untuk garis kelopak mata bawah, mengaplikasikan maskara di bulu mata bawah dengan teknik yang salah bisa membuat mata terlihat turun, bahkan membuat Anda seolah memiliki lingkaran hitam karena bayangan yang terbentuk. Gunakan maskara tipis-tipis di bulu mata bawah dan hindari maskara yang membuat bulu mata Anda menggumpal.

9. Highlighter
highlighter-makeupWajah yang glowy dapat memberikan efek lebih muda pada wajah. Highlighter tentu menjadi trik yang memenuhi efek itu. Namun, ada area tertentu yang harus dihindari supaya efek yang diberikan tidak berlawanan dengan tujuan utama memakai highlighter. Hindari penggunaan highlighter di area browbone (tulang alis), garis senyum, atau garis mata. Ini akan memperjelas kerutan wajah. Pilih area yang tidak memiliki kerutan atau yang masih kencang, seperti tulang pipi atau batang hidung. Untuk jenisnya, pilih highlighter cair daripada powder.

Less is More
Intinya, lebih sedikit lebih baik. Ini adalah poin utama ketika memakai makeup yang membuat Anda tampak lebih muda. Lakukan semua tahap dengan seimbang dan ringan sehingga dapat menonjolkan riasan yang natural. Jika ingin lebih berat, Anda bisa menambah ‘porsi’ saat berdandan, namun tetap dalam jumlah yang sedikit. Hal terpenting adalah jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan temukan teknik mana saja yang paling cocok untuk Anda. Sumber : Wolipop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *