banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Kegiatan Pengalian Dana, KBS Buka Turnamen Ceki Desa Adat Bebalang

Anggota Komisi X DPR RI DR. Ir. Wayan Koster, MM (3)
Anggota Komisi X DPR RI DR. Ir. Wayan Koster, MM, Jumat (3/3), membuka turnamen Ceki.
Bangli (Metrobali.com)-
Anggota Komisi X DPR RI DR. Ir. Wayan Koster, MM, Jumat (3/3), membuka turnamen Ceki yang diselenggarakan Desa Adat Bebalang, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Kegiatan yang bekerjasama dengan Federasi Olah Raga Rekreasi Masyarakat (Formi) Kabupaten Bangli diikuti sekitar 300 peserta. Koster yang kini lebih dikenal dengan KBS (Koster Bali Satu) sangat mendukung kegiatan olah raga rekreasi ceki, apalagi untuk penggalian dana pelaksanaan yadnya.
KBS membuka turnamen ceki dengan tema ‘Mewujudkan Masyarakat Gembira dan Bugar’, didampingi pengurus DPD PDI Perjuangan Bali IGN Kesuma Kelakan, Bupati Bangli I Made Gianyar, Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Artha, serta Wakil Ketua DPRD Bangli I Komang Carles. Turut hadir pada kegiatan yang dilaksanakan di Wantilan Desa Pekraman Bebalang ini, Camat Bangli, Ketua Formi Bangli, Bendesa Adat Bebalang, Kelian Banjar Adat serta sejumlah tokoh lainnya. Ketua Panitia  Sang Putu Dirga menjelaskan, kegiatan turnamen ceki ini dilaksanakan untuk penggalian dana pelaksanaan upacara ngusabe desa yang akan jatuh pada tanggal 9 Juni 2017 mendatang.
Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut, khususnya kepada KBS yang telah bersedia datang untuk membuka turnamen ini. “Beliau (KBS) sebagai tokoh masyarakat telah banyak membantu desa kami. Untuk turnamen ceki ini beliau juga ikut memberikan suport, kami mengucapkan banyak terima kasih,”ujarnya.
Sementara itu, KBS yang turun dalam meaksanakan Reses masa persidangan III tahun sidang tahun 2016-2017, menyampaikan sangat mendukung kegiatan olah raga rekreasi ceki, terlebih turnamen ini dilaksanakan untuk pengalian dana untuk melaksanakan upacara yadnya. “Saya sangat mendukung turnamen ini, apalagi tujuannya sangat baik, untuk penggalian dana upacara yadnya,”ujarnya. Diungkapkannya, sebagai Anggota Komisi X DPR RI yang salah satu bidang tugasnya bidang keolahragaan, dirinya pada tahun 2009 ikut menyusun Undang-Undang tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Dalam Undang-Undang inilah diatur berbagai jenis olah raga, mulai dari olah raga prestasi, olah raga pendidikan, dan olah raga masyarakat yang didalamnya terdapat olah raga rekreasi. “Sejak keluarnya Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional, olah raga rekreasi seperti ceki mendapat pengakuan,”kata KBS.
Terkait pembangunan di Kabupaten Bangli, KBS yang duduk di Badan Anggaran DPR RI tahun anggaran 2016 telah menurunkan anggaran sebesar Rp 46 miliar dan tahun 2017 sebesar Rp 66,75 miliar yang dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur khususnya untuk hotmix jalan-jalan desa. Dengan adanya alokasi dana APBN untuk pembangunan infrastruktur, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini, mengharapkan dana APBD bisa diarahkan untuk penataan Geopark Gunung Batur, selain mendapat alokasi dana dari penyisihan Pajak Hotel dan Restauran Kabupaten Badung.
Kelian Banjar Adat Bebalang Nengah Arnaya dan Bendesa Adat Bebalang  I Nyoman Mudana juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan perjuangannya untuk Desa Adat Bebalang selama ini. Diungkapkannya, tahun 2011, KBS menurunkan bantuan seperangkat gong gede dengan anggaran Rp 250 juta, dan pembangunan wantilan Banjar Tegal sebesar Rp 400 juta untuk pembangunan wantilan. Tekad KBS maju sebagai Gubernur Bali tahun 2018,  Bendesa Adat Bebalang  I Nyoman Mudana, menyatakan siap memberikan dukungan. “Seluruh prajuru dan masyarakat kami siap memenangkan KBS. Karena selama ini telah terbukti banyak memberikan bantuan pada desa kami,”tegasnya. ADV-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *