banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Bupati Eka Lantik Direksi PDDS Baru

 

Disuntik Dana 10 Milyar, Bupati Eka Lantik Direksi PDDS Baru

Tabanan, (Metrobali.com)-

Masih ingat Perusahan Daerah Dharma Santika (PDDS),?. Perusahan plat merah ini dulu sempat jaya di Tabanan beberapa tahun silam, namun pelan-pelan akhirnya bangkrut. Kini dimasa kepemimpinan Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, PDDS kembali dibangkitkan. Bahkan Pemkab pemberikan menyuntikan penyertaan modal 10 milyar. Direksi PDDS yang baru dengan direktur utama I Gede Putu Sugi Darmawan tersebut dilantik Bupati Eka di Ruang Rapat Kantor Bupati, Jumat (3/3/2017).

Selain Direktur Utama I Putu Sugi Darmawan, Direktur Operasional dipercayakan kepada I Made Jaya Dwiputra dan I Gede Putu Wisnawa Putra sebagai Direktur Pemasaran. Bupati Eka dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Tabanan saat ini sedang fokus terhadap pemberdayaan dan peningkatkan taraf ekonomi rakyat. Salah satunya adalah dengan adanya Badan Usaha Milik Daerah (BUMDA) yang dibawahnya terdapat BUMDES. BUMDA ini diharapkan mampu menjadi harapan dan impian untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, khususnya petani.

“BUMDA memiliki jiwa, cita-cita dan impian untuk bisa melahirkan entrepreneur mandiri yg terlahir dari rakyat/petani. BUMDA ini harus menjadi harapan dan impian untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. BUMDA nantinya akan mengkoordinir, memfasilitasi dan menjadi jembatan secara professional baik secara bisnis dan sebagainya yang mengatur untuk bisa membeli produk olahan rakyat kita untuk dipasarkan dan mempunyai nilai jual dan daya saing,” jelasnya.

Dikatakannya Pemerintah kabupaten Tabanan akan membantu BUMDA. Disamping itu pihaknya juga memberi pendampingan dengan penyertaan modal sebesar Rp 10.000.000.000 (sepuluh miliyar rupiah). “Penggunaan dana ini harus mengikuti aturan yang berlaku dan kami tekankan tidak boleh digunakan untuk membayar kewajiban perusahaan daerah Dharma Santika ” ujarnya.

Bupati Eka menjelaskan banyaknya destinasi pariwisata yang ada di Tabanan dapat dimanfaatkan BUMDA untuk memasarkan produk. “Tidak usah jauh-jauh mencari ladang. Kita punya Tanah Lot, Ulundanu, Jatiluwih, dan lainnya. Tinggal persiapan dan kesiapan produk kita, cara distribusi perlu dipikirkan. Harapan saya sangat besar kepada BUMDA,” ucapnya.

Menurutnya BUMDA tidak harus selalu di sektor pertanian saja, namun juga bisa di sektor lainnya, seperti pariwisata, asalkan dikelola dengan baik dan hasilnya kembali untuk rakyat.  “BUMDA ini sangat profesional, mari kita dukung dan support. Penting bagi BUMDA untuk bergerak di semua bidang. Bidang Pariwisata misalnya, buat destinasi pariwisata yang baru atau yang sudah ada dikelola  lebih baik lagi, buat investasi yang menguntungkan, jangan selalu berpikir normatif, ajarkan rakyat untuk bisa selalu lebih baik,” katanya.

Bupati Eka berharap dengan adanya BUMDA dan BUMDES akan terbangun suatu kemandirian wirausaha yang bisa bergerak di bidang pertanian, maupun segala bidang. “Saya harapkan BUMDA dan BUMDES dapat mengangkat berbagai potensi yang ada di Tabanan sebagai bentuk pendapatan yang menjadi pendorong pembangunan. Ke depan pendapatan BUMDA bisa mendoroang pembangunan Tabanan serta pemberdayaan ekonomi kerakyatan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Bupati Eka mengucapkan selamat kepada pengurus yang telah dilantik, dan diharapkan untuk menjalankan amanat dengan baik. “Saya ucapkan selamat kepada direksi yang dilantik, jalankan tugas dan harapan baru.  Buang semua  pikiran negatif, lahirkan pikiran positif. Saya titip BUMDA dan BUMDES saya di Tabanan sehingga bisa menjadi hal yang membanggakan bagi Tabanan,” ujarnya.  Dirinya juga menambahkan, agar para direksi selalau menjalin komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait serta membuat time schedule, “ Koordinasi dan komunikasi itu penting, kita tidak boleh diam dan harus terus berbuat. Buat progress jangka pendek, dan saya juga ingin dibuat time schedule, setiap minggu,” jelasnya.

Pengangkatan Direksi Perusahaan Dharma Santika  Kabupaten Tabanan tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Tabanan Nomor 180/82/01/HK&HAM/2017. Dalam pelantikan tersebut juga dilakukan pengambilan sumpah direksi yang dilantik, serta penandatanganan. ADV-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *