banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Sering Insomnia? Ini 6 Trik untuk Tidur Lebih Cepat

Alarm clock on night table showing 3 a.m.

via EmpowHER

Jakarta (Metrobali.com) –

 

Memiliki kesulitan tidur atau insomnia adalah hal yang paling menyebalkan bagi setiap orang. Selain menyebabkan waktu tidur menjadi lebih singkat, di esok pagi badan akan terasa lelah dan kepala pusing karena tidur yang kurang. Belum lagi adanya lingkaran hitam di sekitar mata yang bisa membuat Anda bad mood di pagi hari. Performa untuk melakukan aktivitas keseharian juga akan menurun karena kurangnya konsentrasi. Banyak kerugian yang didapat ketika Anda merasa sulit untuk tidur. Bagi Anda yang mengalaminya, berikut trik dari Women’s Health agar bisa tidur dengan cepat.

1. Jangan Memaksakan Diri
Ketika Anda terlalu berusaha atau memaksakan diri untuk mencari cara bagaimana tidur lebih cepat, Anda akan semakin tidak bisa tidur. Tidur adalah fungsi tubuh yang datang dengan sendirinya. Sama seperti rasa lapar, Anda tidak perlu berlama-lama memikirkan kapan merasa lapar bukan? Lebih baik Anda membuat jadwal tidur yang teratur. Hindari berpikir hal-hal yang membuat Anda terjaga. Pada akhirnya rasa kantuk akan muncul dan Anda merasa siap untuk tidur lebih cepat.

2. Matikan Lampu
Beberapa orang lebih suka mematikan lampu ketika tidur namun ada pula yang tidak suka. Anda termasuk yang mana? Jika Anda merasa lebih lelah ketika matahari terbenam dan bisa terbangun ketika matahari bersinar, itu artinya Anda lebih baik mematikan lampu saat tidur karena ‘alarm’ tubuh masih berfungsi dengan baik.

“Ketika matahari terbenam secara perlahan, hormon melatonin (hormon yang menimbulkan rasa kantuk) akan muncul dan ini sangatlah kuat,” kata W. Chris Winter, M.D., penulis The Sleep Solution: Why Your Sleep is Broken and How to Fix It.

Untuk mengembalikan kerja alarm dalam tubuh Anda, sebaiknya matikan lampu Anda atau ganti dengan lampu tidur yang redup jika tak terbiasa lelap dalam gelap. Tutup tirai dan pindahkan benda-benda yang mengeluarkan cahaya dari tempat tidur Anda.

3. Berendam Air Hangat
Jika Anda memiliki waktu lebih sebelum tidur, rendam tubuh dengan air hangat selama sejam atau setengah jam. Hormon kortisol dan temperatur tubuh yang menurun saat Anda tidur berlaku juga ketika selesai mandi air hangat. Tubuh otomatis akan mendinginkan diri dengan cepat. Ini bisa menimbulkan rasa kantuk dan juga rasa rileks yang membuat Anda akan lebih mudah untuk tidur setelahnya.

4. Pakai Kaus Kaki
Selain dapat menghangatkan kaki Anda, memakai kaus kaki tebal saat tidur bisa menyebabkan pembuluh darah pada kaki membesar. Aliran darah yang meningkat dapat mendistribusikan rasa rileks dan hangat ke seluruh tubuh. Sinyal tubuh untuk tidur pun akan diterima lebih cepat oleh otak Anda.

5. Biarkan Pikiran Anda Berkelana
Melamun sebenarnya bisa membuat Anda lebih cepat merasakan kantuk. Ketika melamun, orang biasanya memikirkan hal-hal yang menyenangkan dan tidak menimbulkan stres sehingga pikiran menjadi bebas dan rileks. Anda bisa membayangkan sedang bersantai di pantai Maldives atau berkencan dengan selebriti favorit. Tanpa disadari, lamunan akan berubah menjadi mimpi yang menunjukkan bahwa Anda sudah tertidur pulas.

6. Meditasi
Meditasi bisa membuat Anda lebih fokus pada pernafasan Anda dan keadaan di sekeliling. Selain itu, kegiatan ini bisa membuat tingkat stres Anda menurun dan menjauhkan Anda dari pikiran-pikiran negatif. Meditasi harus dilakukan secara teratur agar pengaruhnya untuk tidur bisa didapatkan secara maksimal. Setelah beberapa minggu melatih diri untuk meditasi sebelum tidur, secara otomatis tubuh Anda akan tahu apa yang harus dilakukan. Sumber : Wolipop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *