banner-website-2-x-16cm

Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Koster : Adat, Agama, Tradisi, Seni dan Budaya, Sebagai Landasan Pembangunan Bali 

KBS Didoakan dan Mendapat Dukungan Krama Desa Pekraman Tianyar dan Gegelang

 

Anggota Komisi X DPR RI Ir. I Wayan Koster, MM di Desa Adat Tianyar

Anggota Komisi X DPR RI Ir. I Wayan Koster, MM di Desa Adat Tianyar

Karangasem (Metrobali.com)-

Anggota Komisi X DPR RI Ir. I Wayan Koster, MM atau yang kini lebih dikenal dengan KBS (Koster Bali Satu), kembali menegaskan komitmennya menggunakan adat, agama, tradisi, seni dan budaya, sebagai landasan pembangunan Bali ke depan. Konsep ini juga untuk memperkokoh jati diri Krama Bali. Demikian ditegaskan KBS, saat menhadiri Upacara Tawur Agung di Catus Pata Desa Pekrama Tianyar, Kecamatan Kubu, Karangasem beberapa waktu lalu.

Kehadirian KBS yang memenuhi undangan Panitia Tawur Agung, disambut antusias puluhan ribu Krama Desa Adat Tianyar, meskipun dalam suasana matahari cukup panas. Kehadirian Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini, didampingi Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Bali Nyoman Oka Antara, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Karangasem I Gede Dana, Wayan Sudira serta sejumlah Kader dari Kecamatan Kubu.

Ketua Panitia yang juga Sekretaris Bendesa Adat Desa Pakraman Tianyar, Jro Mangku Gede Putu Dana dalam sambutannya, merasa bangga dan bahagia atas kehadiran KBS dalam acara Tawur Agung yang kembali dilaksanakan, setelah terakhir dilaksanakan hampir 100 tahun silam. “Kami mewakili Krama Desa Pekraman Tianyar, mengucapkan terimakasih kepada Bapak Wayan Koster, karena sebagai Anggota Komisi X DPR – RI telah banyak membantu Desa Pakraman Tianyar berupa Wantilan, membangun pendidikan, dan memberi bantuan siswa miskin bagi siswa SD, SMP, dan SMA/SMK di Kecamatan Kubu,”katanya.

Sebagai penghargaan atas perjuangan KBS berupa program yang sudah banyak diberikan di Desa Pakraman Tianyar, Gede Putu Dana mengajak Krama Desa Pakraman Tianyar untuk bersama-sama mendoakan agar KBS yang akan maju dalam pemilihan Gubernur Bali 2018 bisa mencapai tujuan untuk menjadi Gubernur Bali Tahun 2018. Ajakan Gede Putu Dana itu mendapat respon positif yang ditandai dengan tepuk tangan meriah dan antusias dari Krama yang memadati tempat Upacara.

Anggota Komisi X DPR RI Ir. I Wayan Koster, MM di Desa Adat Tianyar1

Sementara itu, KBS dalam sambutannya memberi dukungan penuh atas pelaksanaan Upacara Tawur Agung Catus Pata, yang bertujuan untuk mengembalikan keseimbangan alam sesuai dengan ajaran Tri Hita Karana. “Upacara Tawur Agung seperti ini dilaksanakan sesuai tatanan kehidupan yang diwariskan oleh para Penglingsir atau Leluhur kita sebagai pelaksanaan kehidupan yang berlandaskan pada adat, agama, dan budaya yang adiluhung. Dalam era modernisasi yang tengah berlangsung saat ini dan juga di masa datang,”tandasnya.

KBS juga mengajak Umat Hindu di Bali khususnya Krama di Desa Pakraman Tianyar untuk tetap melaksanakan Upacara Tawur Agung dan Upacara Adat lainnya guna membangun kehidupan masyarakat yang harmoni, sehingga kehidupan masyarakat Bali yang bernafaskan Hindu akan mampu menghadapi tantangan zaman menuju kehidupan masyarakat yang sejahtera.
Antusiasme Krama Desa Pakraman Tianyar sangat terlihat dengan berebut menyalami Wayan Koster sambil meneriakkan salam KBS ketika akan meninggalkan tempat Acara. KBS pun dengan ramah dan bersahaja menyalami Krama Desa Pakraman Tianyar.

Pada hari yang sama, KBS juga menghadiri undangan Upacara Piodalan Agung di Pura Banjar Babakan, Desa Pakraman Gegelang, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Ribuan Krama Desa Pekraman Gegelang menyambut kehadirian KBS yang didampingi oleh Anggota DPD RI Kadek Arimbawa, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Karangasem I Gede Dana yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Karangasem, serta Wayan Sudira dan Wayan Sunarta.

Kedatangan KBS disambut oleh Kelian Banjar Adat dan Kelian Dinas Desa, Kelian Adat Babakan Jro Mangku Ketut Serinu  dan Nyoman Sudarma. Di Desa Pekraman Gegelang ini, KBS juga telah banyak memberikan bantuan. Ucapan terima kasih pun diberikan kepada KBS yang hadir dengan penampilan sederhana dan sangat bersahaja. Seluruh Krama Desa Pekraman Gegelang pun memberikan doa dan dukungan kepada KBS untuk menjadi Gubernur Bali tahun 2018.

Bentuk dukungan dan kebulatan telad yang diberikan dengan deklarasi yang diwakili oleh para pemangku dan Kelian se-Desa Gegelang serta para tokoh masyarakat dan Krama yang hadir dalam Acara tersebut. Dukungan kepada KBS juga ditandai dengan persembahyangan bersama di Pura Pesamuan Agung Catus Pata yang dipimpin oleh Jero Mangku yang secara khusus memohon kehadapan Ide Betara Sesuhunan agar KBS diberikan jalan yang baik pada PIlgub 2018 sehingga bisa menjadi Gubernur Bali.

Atas dukungan tulus dari Krama Desa Pekraman Gegelang,  KBS mengucapkan terimakasih. KBS secara terbuka dan rendah hati menyatakan  dirinya akan maju dalam Pilgub Bali 2018 dari PDI Perjuangan dan menyatakan siap ngayah total secara sekala-niskala untuk menata pembangunan Bali kedepan. “Saya siap ngayah total sekala niskala untuk Bali,  agar sesuai dengan tatanan kehidupan masyarakat Bali yang berlandaskan pada adat, agama, dan budaya sebagaimana yang diwariskan oleh para Leluhur,”tegasnya. KBS menegaskan akan membangun Bali dengan melaksanakan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) yang digagas oleh Bung Karno, untuk mewujudkan kehidupan  masyarakat yang sesuai dengan Ajaran Tri Sakti Bung Karno, yaitu berdaulat dalam bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam bidang budaya. ADV-MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *